>

Sampai Hari Ini RSD Wisma Atlet Masih Sanggup Tampung Pasien

  Kamis, 17 September 2020   Khoirur Rozi
Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran

MATRAMAN, AYOJAKARTA.COM -- Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet diprediksi bakal tak bisa menampung pasien hingga hari ini, 17 September 2020. Namun kekhawatiran itu tidak terjadi lantaran sampai saat ini kapasitas kamar isolasi masih tersedia.

"Sebelumnya diperkirakan 17 September ini akan membuat suatu pelayanan rumah sakit bisa sangat kewalahan. Tapi kami khususnya di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, ini masih bisa menampung pasien," kata Koordinator RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Tugas Ratmono di Graha BNPB, Kamis (17/9/2020).

AYO BACA : Ini Ketersediaan Bed di RSD Wisma Atlet Kemayoran

Meski demikian, Tugas mengakui bahwa adanya peningkatan jumlah pasien yang masuk ke RSD Wisma Atlet. Namun dia mengatakan masyarakat tak perlu khawatir karena sampai saat ini masih banyak ruangan tersedia.

"Memang dibanding hari-hari sebelumnya, jumlah yang masuk ke perawatan tower 6 dan 7, dan kita siapkan tower 5 untuk isolasi memang meningkat. Namun ketersediaan kamar masih cukup. Saat ini kita tidak perlu khawatir soal ruangan," ujarnya.

AYO BACA : JAKARTA PSBB KETAT: 5 Wisma Atlet Disiapkan untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Berdasarkan data RSD Wisma Atlet, tempat tidur di tower 5 baru terisi 610 atau 38,85% dari total kapasitas 1.570. Sementara di tower 6 terisi 922 atau 89,00% dari kapasitas 1036. Untuk tower 7 terisi 50,57% atau 798 dari 1.578 kapasitas.

"Sementara tower 4 berkapasitas 1546 belum terisi. Artinya kita masih cukup untuk menampung. Tapi harus kita antisipasi segala kemungkinan dengan baik," katanya.

Tugas mengimbau kepada masyarakat menaati protokol kesehatan agar pasien RSD Wisma Atlet tidak semakin bertambah. Menurutnya, masyarakat merupakan garda terdepan dalam melawan pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal Maret lalu.

"Kami mengajak masyarakat saling bahu-membahu menangani Covid-19. Masyarakat itu garda terdepan melawan pandemi ini, sementara kami dokter merupakan garda terakhir. Di garda terdepan mari disiplin protokol kesehatan, dan kami di garda terakhir melakukan perawatan," imbuhnya.

AYO BACA : Sejak Maret, 3.035 Pasien Corona di RSD Wisma Atlet Kemayoran Sembuh

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar