>

Penjelasan RSD Soal Ambulans Antre di Wisma Atlet

  Kamis, 17 September 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi suasana di RSD Kemayoran/ Suara.com

MATRAMAN, AYOJAKARTA.COM - Beberapa waktu lalu viral video ambulans antre masuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Masyarakat pun dibuat cemas seolah rumah sakit tersebut tak lagi mampu menampung pasien Covid-19.

Namun video viral itu diklarifikasi Koordinator RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Tugas Ratmono. Menurut Tugas, fakta sebenarnya, ambulans tersebut antre karena hanya terdapat satu pintu keluar-masuk. Sementara kapasitas RSD Wisma Atlet sendiri sampai hari ini masih bisa menampung pasien Covid-19.

"Saya kira kita perlu klarifikasi, karena waktu itu ramai di media terjadi antrean panjang di rs wisma atlet. Yang terjadi pada saat itu adalah, kurang lebih pada pukul 20.00, itu memang ada beberapa ambulan antre membawa pasien," jelas Tugas di Graha BNPB, Kamis (17/9/2020).

Lebih lanjut Tugas menjelaskan, akibat hanya ada satu pintu keluar masuk, lalulintas ambulans pun jadi terganggu. Namun hal itu tidak berlangsung lama. Petugas RSD Wisma Atlet bergerak cepat mengurai antrean tersebut.

AYO BACA : UPDATE CORONA NASIONAL 17 SEPTEMBER: Indonesia Masih Terus Mencatat 3.000 Lebih Kasus Positif

"Saat itu kita gunakan satu pintu makanya ada antrean panjang di situ. Setelah diatur, pukul 21.00 antrean itu sudah terurai. Saat ini kita sudah menggunakan dua gate atau pintu keluar masuk," katanya.

Meski benar ada peningkatan jumlah pasien yang masuk ke RSD Wisma Atlet, Tugas mengatakan masyarakat tak perlu khawatir karena sampai saat ini masih banyak ruangan tersedia.

"Memang dibanding hari-hari sebelumnya, jumlah yang masuk ke perawatan tower 6 dan 7, dan kita siapkan tower 5 untuk isolasi memang meningkat. Namun ketersediaan kamar masih cukup. Saat ini kita tidak perlu khawatir soal ruangan," ujarnya.

Berdasarkan data RSD Wisma Atlet, tempat tidur di tower 5 baru terisi 610 atau 38,85% dari total kapasitas 1.570. Sementara di tower 6 terisi 922 atau 89,00% dari kapasitas 1036. Untuk tower 7 terisi 50,57% atau 798 dari 1.578 kapasitas.

AYO BACA : UPDATE CORONA DKI JAKARTA 17 SEPTEMBER:Positif Covid-19 Bertambah 1.113 Kasus

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar