Pilkada Solo: Polresta Terjunkan Ratusan Personel Amankan Pengundian dan Penetapan Nomor Paslon

  Kamis, 24 September 2020   Budi Cahyono
Polisi bersenjata lengkap berjaga di pintu masuk ruangan untuk pengundian dan penetapan nomor pasangan calon Pilwakot Solo, di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (24/9/2020). (ist)

SOLO, AYOJAKARTA.COM – Polresta Surakarta tengah siaga mengamankan pengundian pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (24/9/2020), mulai pukul 13.00 WIB.

Kegiatan rapat pleno terbuka ini menerapkan protokol kesehatan ketat, sehingga peserta yang masuk dalam acara dibatasi sesuai dengan PKPU Nomor 13 Tahun 2020.

Dua paslon wali/wakil wali kota Solo sudah ditetapkan KPU Surakarta, yakni Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo sebagai cawali dan cawali di Pilwakot Solo pada 9 Desember 2020.

Kapolresta Surakrata, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya menurunkan 300 personel pengamanan di lokasi pengundian nomor paslon dan di lingkar akses menuju Hotel Sunan. Polresta dalam pengamanan ini di-backup unsur TNI.

AYO BACA : Pilkada Solo: Resmi! Pasangan Bajo Tantang Gibran – Teguh di Pilwakot Solo

“Sesuai PKPU Nomor 13 Tahun 2020, dalam pengundian paslon Pilkada tahun 2020, jumlah peserta yang hadir dibatasi. Kami sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Surakarta terkait pengamanan ini,” tegas Ade Safri di Hotel Sunan.

Dia menegaskan, pendukung masing-masing paslon untuk tidak konvoi atau iring-iringan selama perjalanan, karena nantinya itu akan ditindak tegas oleh petugas yang sudah bersiaga di sudut-sudut Kota Solo.

“Dilarang konvoi ataupun iring-iringan. Kami sudah melaksanakan filterisasi dan menerjunkan tim mobiling bergerak untuk patrol. Jika ada yang melanggar ada tim khusus untuk operasi yustisi,” imbuh Kapolresta.

Ade Safri menjelaskan, sesuai aturan yang diperbolehkan hadir di lokasi saat pengundian nomor calon yakni masing-masing pasangan calon, satu orang LO, komisioner KPU Kota Surakarta berjumlah 5 orang, dan 2 orang dari Bawaslu Kota Surakarta.

AYO BACA : Pilkada Solo: Gibran Siap Kampanyekan Protokol Kesehatan

Sementara itu Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti, mengemukakan, rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon peserta Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo disiarkan secara langsung melalui live streaming Facebook Sosialisasi KPU Surakarta dan Instagram @kpusurakarta.

“KPU menyediakan live streaming, tepat mulai pukul 13.00 WIB,” ucap Nurul.

Pilkada Kota Solo menjadi perhatian pengamanan dari Kepolisian Daerah (Polda) Jateng, karena memiliki tingkat kerawanan tinggi. Kabid Humas Polda Jateng Kombes, Iskandar F Sutisna menyebut, Solo dan Semarang menjadi 2 daerah yang menjadi prioritas pengamanan Polda Jateng pada masa Pilkada serentak 2020 di Jawa Tengah.  

"Solo memang menjadi salah satu daerah dengan eskalasi kerawanan tinggi," ujarnya dalam keterangan yang diterima Ayosemarang, Sabtu (5/9/2020). 

Lebih lanjut, Iskandar menerangkan, sesuai dengan instruksi dari Kapolda Jateng, semua Kapolres yang wilayahnya menggelar pilkada tidak boleh mengendorkan pengamanan. Terutama, untuk menjaga iklim tetap kondusif hingga berakhirnya pilkada. Termasuk memberi perintah khusus kepada kapolres yang wilayahnya masuk di peta kerawanan pilkada tertinggi.

“Potensi kerawanan dari mulai tiap tahapan pilkada hingga masuk tahapan penghitungan dan pengumuman, itu pasti ada. Ini menjadi atensi pihak kepolisian. Apalagi wilayah Solo Raya juga menjadi atensi kita,” imbuhnya.

AYO BACA : Pilkada Serentak 2020, 40 Daerah Berisiko Tinggi Tularkan Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar