--> -->

Positif Covid-19, Presiden Donald Trump Dirawat di Walter Reed

  Sabtu, 03 Oktober 2020   Fitria Rahmawati
Dalam file foto 27 Juli 2020 ini, Presiden Donald Trump mengenakan masker saat dia berpartisipasi dalam tur Pusat Inovasi Bioproses di Fujifilm Diosynth Biotechnologies di Morrisville, Presiden NC Donald Trump dan ibu negara Melania Trump dinyatakan positif terkena virus corona, Jumat pagi. Foto: AP/Evan Vucci

WASHINGTON, AYOJAKARTA.COM - Usai mengumumkan dirinya terpapar virus Covid-19, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjalani perawatan di Rumah Sakit Militer Nasional Walter Reed pada hari Jumat (2/10/2020) waktu setempat.

Publik sempat bertanya mengenai kondisi Trump yang menyatakan hal tersebut pasca mengikuti debat kandidat calon presiden dengan Rivalnya Biden.

Menurut laporan Bloomberg, Trump terlihat berjalan perlahan ke helikopter kepresidenan di luar Gedung Putih tanpa bantuan, dan terlihat mengenakan makser. Dia mengacungkan jempol ke wartawan tetapi tidak memberikan komentar.

Beberapa staf Gedung Putih dengan menggunakan masker berkumpul di luar untuk mengantarnya pergi dan anggota marinir yang memberi hormat kepada Trump saat dia naik Marine One juga mengenakan masker.

Penggunaan masker bukanlah hal yang umum di Gedung Putih sebelum hari Jumat (2/10). "Karena sangat berhati-hati, dan atas rekomendasi dokter dan ahli medisnya, presiden akan bekerja dari kantor kepresidenan di Rumah Sakit Walter Reed untuk beberapa hari ke depan," kata Sekretaris Pers Kayleigh McEnany dalam sebuah pernyataan.

Ketika Trump diterbangkan ke rumah sakit, penantang Demokratnya, Joe Biden, sedang berkampanye di negara bagian Michigan, tempat ia menyampaikan pidato sambil mengenakan masker.

McEnany tidak mengatakan tes atau perawatan apa yang akan diterima Trump. Dia menggambarkan gejalanya 'ringan', tetapi langkah untuk mengirim Trump ke rumah sakit membuat publik mempertanyakan kondisi Trump yang sebenarnya.

AYO BACA : Harga Minyak Dunia Kian Terpuruk Usai Trump Dikabarkan Positif Covid-19

Fakta bahwa Trump, yang waspada terhadap dokter, setuju untuk pergi ke Walter Reed adalah tanda keprihatinan tentang kondisinya, kata beberapa orang yang mengetahui masalah tersebut. Di dalam Gedung Putih, beberapa ajudan mengatakan bahwa mereka tidak menerima lebih banyak informasi tentang kondisi Trump daripada yang diterima oleh publik.

"Tidak akan ada pengalihan kekuasaan dari Trump ke Wakil Presiden Mike Pence saat presiden berada di rumah sakit," kata juru bicara Gedung Putih Judd Deere.

Sebelumnya, dokter Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Trump dalam kondisi yang baik setelah didiagnosis positif Covid-19 pada hari Jumat (2/10/2020) dan telah dirawat dengan ramuan antibodi buatan Regeneron Pharmaceuticals Inc.

"Setelah konfirmasi PCR dari diagnosis presiden keluar, sebagai tindakan pencegahan ia menerima satu dosis 8 gram obat Regeneron", kata dokter, Sean Conley, dalam pernyataan yang dirilis oleh McEnany.

"Selain ramuan antibodi, presiden telah mengonsumsi zinc, vitamin D, famotidine, melatonin, dan aspirin setiap hari," kata Conley.

"Trump terlihat lelah tetapi tetap dalam semangat yang baik," kata Conley.

Sementara ibu negara Melania Trump, yang juga terinfeksi, ungkap Conley, dalam kondisi sehat. "Hanya ada gejala batuk ringan dan sakit kepala," katanya menambahkan.

AYO BACA : Presiden AS Doald Trump dan Istrinya Melania Positif Corona

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar