Pesan Dokter Paru Biar tak Kena Virus Corona

  Selasa, 06 Oktober 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi. (Freepik)

BEKASI, AYOJAKARTA.COM -- Pandemi Covid-19 seringkali memunculkan kekhawatiran, bahkan rasa takut bagi seseorang. Apalagi setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau Centers for Disease Control (CDC) menyatakan bahwa virus corona bisa menular lewat udara.

Menanggapi hal itu, Dokter Spesialis Paru dari RS Persahabatan Erlina Burhan, Sp.P(K) menyarankan pada masyarakat agar tidak berfokus pada ketakutan, melainkan bergerak melakukan pencegahan. Salah satunya adalah dengan disiplin memakai masker.

"Paling penting pencegahan karena dimana-mana mencegah lebih baik daripada mengobati. Ikuti protokol kesehatan, jalani dan patuhi. Pakai masker, rajin cuci tangan, minum vitamin. Jangan sampai sakit," kata Erlina saat dihubungi Ayobekasi.net, Selasa (6/10/2020).

Lebih jauh ia juga berpesan agar masyarakat meningkatkan imunitas tubuh dengan giat melakukan ibadah, berpikir dan mengerjakan hal-hal yang positif, serta menciptakan suasana hati yang bahagia.

"Karena dengan bahagia, imun kita akan lebih kuat. Jangan stres dan lakukan olahraga," ujarnya.

Selain itu, Erlina juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu memburu antiviral sejenis Remdesivir karena obat tersebut hanya ditujukan untuk pasien gejala berat yang mendapat perawatan di rumah sakit.

"Obat seperti Remdesivir ini antiviral yang karena belum ada obat (Covid-19), dipakai. Di luar negeri juga dipakai. Orang yang sehat ya ngapain cari obat ini? Enggak bisa dibeli bebas juga. Yang penting itu pencegahan,” katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar