>

3 Bulan Beroperasi, Uji Coba Bus Listrik Transjakarta Gratis Berakhir

  Rabu, 07 Oktober 2020   Aini Tartinia
Uji coba bus listrik/dok: Busway Fans Club Facebook

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Setelah berjalan kurang lebih sekitar 3 bulan, uji coba bus listrik Transjakarta selesai. Selama masa uji coba dioperasikan dua unit bus listrik secara gratis dengan rute Balai Kota – Blok M.

Tidak terasa sudah 3 bulan berlalu, dan hari ini berakhir sudah uji coba bus listrik Transjakarta. Selama masa uji coba, 2 unit bus listrik yaitu BYD K9 dan BYD C6 telah beroperasi di rute EV1 BLOK M - BALAI KOTA. Pastinya sudah banyak yang mencobanya ya...”tulis akun Facebook Busway Fans Club.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menguji coba operasional bus listrik dengan penumpang, Senin 6 Juli 2020. Selama uji coba tersebut, antusiasme masyarakat cukup besar untuk mencoba bus listrik ini.

“Selama uji coba bus ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari pelanggan, di mana tercatat telah melayani sebanyak 100 orang setiap harin, khususnya jelang penerapan PSBB kembali,”kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo dilansir beritajakarta.id, Selasa (6/10/2020).

Kedua bus tersebut memiliki daya baterai yang tahan lama dengan jarak tempuh mencapai 250 kilometer sebelum baterainya harus diisi ulang dengan durasi kurang dari empat jam setiap harinya.

Selain itu, kedua bus ini juga memiliki keunggulan lain seperti tidak menimbulkan polusi, biaya perawatan yang murah, kekuatan baterai yang tahan lama, hingga konsep green city yang sejalan dengan cita-cita kota Jakarta.

Kedua bus listrik BYD tersebut dinyatakan telah memenuhi standar operasional dari PT Transjakarta dengan sangat baik. Kapan bisa beroperasi secara resmi? Ditunggu yaa…,”lanjut akun Facebook Busway Fans Club.

Berikut spesifikasi dari kedua bus listrik yang diuji coba;

1. Tipe K9

- Memiliki dimensi Panjang 12 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 3,3 meter.

- Dilengkapi dengan motor listrik AC Synchronous motor dan baterai BYD Iron-Phospate berkapasitas 324 kWh.

2. Tipe C6

- Memiliki dimensi yang lebih kecil dengan ukuran panjang 7.403 mm, lebar 2.140 mm dan tinggi 3,4 meter.

- Dilengkapi dengan baterai Iron-Phospate dengan kapasitas 135 kWH.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar