>

Berniat Mengunjungi Taman di Masa PSBB Transisi DKI Jakarta? Simak Syarat dan Ketentuan Ini!

  Rabu, 14 Oktober 2020   Icheiko Ramadhanty
[Ilustrasi RPTRA Sunter Jaya] Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan aturan warga berusia 9 tahun hingga 60 tahun yang dapat menikmati taman atau ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA) saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi pada 12-25 Oktober 2020. Foto: Darmawan/Republika

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa Transisi di DKI Jakarta, membuat sebagian aktivitas umum kembali dibuka. Hal ini mengingat aturan yang diberlakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang memutuskan untuk melonggarkan kebijakannya dalam penanganan Covid-19.

Dalam hal ini, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta kembali membuka 16 taman di Jakarta. Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Murcahyo menjelaskan, taman kota yang dibuka dipilih berdasarkan sejumlah ketentuan.

Ketentuan tersebut diantaranya tidak berada di zona merah RW maupun kelurahan, memenuhi prosedur tetap, dan aksesnya mudah dijangkau.

"Memang belum semua taman, kami lakukan bertahap. Jika mematuhi prosedur serta protokol kesehatan dan keadaan membaik akan lebih banyak taman yang akan dibuka," ucap Ivan, dilansir dari beritajakarta.id, Rabu (14/10/2020).

AYO BACA : PSBB JAKARTA: Anies Bakal Tutup Ragunan hingga Ancol

Taman yang dibuka tersebut yakni, Taman Lapangan Banteng, Taman Delonix, Taman Apung, Taman PPA, Taman Piknik, Taman Cattleya, Taman Green Garden, Taman Jalur Hijau Kosambi.

Selain itu, juga ada Taman Mataram, Taman Kebagusan I, Taman Tabebuya, Taman Swadarma, Taman Gandaria Tengah, Taman Sungai Kendal, Taman Sarang Bango, dan Taman Bintaro yang kembali dibuka.

Ivan mengatakan, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI sudah menyiapkan prosedur dan protokol mengunjungi taman pada masa PSBB Transisi.

Dia merinci, pengunjung wajib mengisi daftar hadir di taman, melakukan cek suhu tubuh, menerapkan 3M dan dianjurkan membawa hand sanitizer, serta mengikuti arah tempuh yang sudah ditentukan dan selalu bergerak.

AYO BACA : JAKARTA PSBB TRANSISI: Hari Ini Ragunan Resmi Dibuka untuk Umum. Operasional Sampai Pukul 14.00

Berikut Ayojakarta rangkum terkait prosedur dan protokol bagi pengunjung yang berniat untuk menghabiskan waktu di taman-taman tersebut:

1.      Pengunjung tidak diperkenankan menggunakan tempat duduk, sarana alat olahraga, dan permainan anak;

2.      Tidak ada kegiatan yang mengundang kerumunan massa

3.      Anak usia 9 sampai 10 tahun, lansia atau di atas usia 60 tahun, dan memiliki penyakit bawaan untuk sementara dilarang masuk;

4.      Pengunjung tidak diperkenankan membawa kendaraan bermotor karena area parkir ditutup;

5.      Apabila sakit atau suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius dapat segera kembali ke rumah dan memeriksakan diri ke layanan kesehatan;

Ivan juga menegaskan kepada warga Ibu Kota untuk memilih taman yang berdekatan dengan rumahnya. "Kami imbau warga menggunakan fasilitas taman yang berlokasi dekat dengan rumah," pungkasnya.

AYO BACA : Taman Bintaro Cilincing Dibuka Kembali Selama PSBB Transisi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar