--> -->

JAKARTA PSBB TRANSISI: Mulai Hari Ini, KCI Perpanjang Operasional hingga Pukul 10 Malam

  Kamis, 15 Oktober 2020   Aini Tartinia
sebagai ilustrasi pelayanan operasional KRL/ Suara.com

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menambah jam operasional KRL menjadi pukul 04.00 WIB - 22.00 WIB mulai 15 Oktober 2020. Hal ini sejalan dengan wilayah DKI Jakarta yang menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Pada masa PSBB transisi ini, PT KCI mengoperasikan sebanyak 985 perjalanan KRL dengan 91 rangkaian kereta yang beroperasi setiap hari. Kapasitas pengguna di tiap kereta tidak mengalami perubahan, yaitu 74 orang per kereta atau sekitar 40% dari kapasitas pengguna di waktu sebelum pandemi,” ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resminya, Kamis (15/10/2020).

AYO BACA : Pencairan BLT (BSU) Tahap 5 Capai 69,03 Persen. Penerima di Rekening BCA, Pahami Ketentuan Ini!

Penyesuaian ini juga sejalan dengan aturan jam operasional moda transportasi publik lain yang diatur pada masa PSBB transisi. Dengan pola operasi yang baru ini, KRL Jabodetabek akan melayani 80 stasiun dengan melalui 418,5 km jalur rel yang meliputi tiga provinsi. 

Adapun jumlah perjalanan KRL untuk setiap lintasnya adalah sebagai berikut:

AYO BACA : Indonesia Beli Kandidat Vaksin Covid-19 AZD1222 AstraZeneca Oxford University

1. Lintas Bogor/Depok - Jakarta Kota (PP), sebanyak 214 perjalanan per hari.
2. Lintas Bogor/Depok/Nambo - Angke/Jatinegara (PP), sebanyak 182 perjalanan per hari.
3. Lintas Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota (PP), sebanyak 186 perjalanan per hari.
4. Lintas Rangkasbitung - Tanah Abang (PP), sebanyak 213 perjalanan per hari.
5. Lintas Tangerang - Duri (PP), sebanyak 104 perjalanan per hari.
6. Lintas Jakarta Kota - Kampung Bandan - Tanjung Priok (PP), 86 perjalanan per hari.

Meski ada penambahan waktu dan rangkaian, PT KCI tetap mengimbau para pengguna untuk selalu menaati protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, selalu menjalankan gerakan 3M (mnggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dengan pengguna lainnya baik di area stasiun maupun di dalam KRL).

PT KCI juga mewajibkan para pengguna KRL untuk selalu menggunakan masker minimal tiga lapis yang terbukti efektif mencegah dan mengurangi penyeberan melalui droplet.    

PT KCI juga mengingatkan pengguna agar bersiap memasuki musim penghujan dan membawa perlengkapan tambahan saat hendak keluar rumah antara lain jas hujan atau payung, dan gunakan sepatu yang tidak licin.

“Ingat juga untuk memeriksa prakiraan cuaca harian sebelum beraktivitas. Prakiraan cuaca dapat dilihat di twitter @commuterline setiap pagi hari, maupun di berbagai akun sosial media dan situs web Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," tandasnya. 

AYO BACA : Demo Tolak UU Ciptaker Berlanjut, Polisi Alihkan Arus Menuju Istana Negara

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar