Bus JR Connexion Sediakan Bagasi Gratis untuk Sepeda Lipat

  Kamis, 15 Oktober 2020   Khoirur Rozi
Kepala BPTJ Kemenhub, Polana B Pramesti menunjukkan bagasi sepeda lipat di Bus JR Connexion (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Bus Jabodetabek Residence  Connexion (JR Connexion) menyediakan bagasi untuk sepeda lipat. Layanan bagasi gratis ini tersedia di Halte Hollywood Junction Jababeka.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan (BPTJ Kemenhub), Polana B Pramesti mengatakan, penyediaan bagasi gratis ini untuk mendukung transportasi perkotaan yang ramah lingkungan.

“Karena itu, BPTJ akan mengupayakan kebiasaan bersepeda masyarakat yang mulai tumbuh menjadi budaya bersepeda,” kata Polana dalam keterangan resminya, Kamis (15/10/2020).

Polana menuturkan, bersepeda merupakan bentuk dari Non Motorized Transportation (NMT) yang digunakan pada tahapan first mile dan last mile saat berproses menggunakan transportasi publik.

AYO BACA : JAKARTA PSBB TRANSISI: Daftar Museum yang Kembali Dibuka dan Syarat Berkunjung

”Pemanfaatan Non Motorized Transportation akan mendatangkan benefit kesehatan secara publik maupun personal. Secara publik akan mengurangi polusi dan secara personal akan meningkatkan gerak tubuh untuk kesehatan,” jelasnya.

Secara garis besar, katanya, ada tiga manfaat utama NMT dengan bersepeda. Pertama, manfaat lingkungan hidup karena bisa menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM), mengurangi polusi udara dan kemacetan.

Kedua, manfaat ekonomi karena efisien biaya transportasi dan kemacetan, efisien biaya kesehatan, dan efisien kebutuhan parkir.

 

AYO BACA : Limbah Minyak Mentah di Kepulauan Seribu Kembali Muncul, Ancam Kehidupan Biota Laut

Ketiga, manfaat sosial dan kesehatan, karena meningkatkan kualitas kesehatan, penurunan angka kecelakaan, peningkatan kualitas hubungan sosial dan peningkatan karakter disiplin, mandiri, dan tidak mudah menyerah.

Dengan adanya layanan bagasi gratis ini Polana berharap minat bersepeda ke kantor semakin meningkat. Dia mendukung transportasi ramah lingkungan seperti sepeda.

“Mudah-mudahan ketersediaan bagasi gratis ini akan bisa segera dimanfaatkan penumpang yang ingin membawa sepeda lipatnya ke kantor atau tempat-tempat lainnya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, operator bus menyediakan dua macam bagasi yang disediakan untuk penumpang yang membawa sepeda lipat.

Operator bus PPD menyediakan bagasi sepeda di dalam bus dan dapat menampung sekitar 6 sepeda lipat, sementara operator Sinar Jaya menyediakannya di bagasi samping bawah dan juga dapat menampung 6 sepeda lipat.

Semua fasilitas tersebut diberikan gratis untuk  penumpang yang membawa sepeda.

AYO BACA : JAKARTA PSBB TRANSISI: Mulai Hari Ini, KCI Perpanjang Operasional hingga Pukul 10 Malam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar