HASIL MANCHESTER CITY VS ARSENAL: Sterling Man of The Match, 1 Gol, Skor 1-0 (Liga Inggris)

  Minggu, 18 Oktober 2020   Eries Adlin
Raheem Sterling mencetak 1 gol di pertandingan Manchester City vs Arsenal. Hasil pertandingan dengan skor 1-0 cukup untuk City mengoleksi tiga angka di Liga Inggris/mancity.com

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Raheem Sterling menjadi pemain penentu hasil pertandingan Manchester City vs Arsenal di ajang Liga Inggris yang berlangsung di Etihad Stadium, Sabtu 17 Oktober 2020. Dia mencetak 1 gol sekaligus menjadi man of the match pada pertandingan tersebut.

Peran sentral Raheem Sterling sudah tampak ketika dia ditunjuk menyandang ban kapten oleh pelatih Pep Guardiola. Pemain lincah ini menjawab kepercayaan sang pelatih dengan membawa hasil tiga angka dari laga bagi Manchester City vs Arsenal meski dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang dia ciptakan pada menit 24.

Gol pada laga itu menjadi yang keempat bagi Raheem Sterling untuk musim ini dari 4 kali pertandingan. Hasil tiga angka dari pentandingan Manchester City vs Arsenal membawa Manchester Biru naik ke peringkat 9 dari semula 14 klasemen sementara Liga Inggris dengan 7 poin.

Laga Manchester City vs Arsenal juga menjadi ajang kembalinya Sergio Aguero, pencetak gol terbanyak dalam sejarah Citizens, ke lapangan hijau setelah harus absen panjang sejak Juni lalu akibat cedera lutut.

APA YANG TERJADI

Meskipun Pep Guardiola menghadapi pertandingan dengan rekor Liga Inggris yang mengesankan melawan The Gunners, City juga memulai upaya balas dendam atas kekalahan semifinal Piala FA Juli lalu dari The Gunners.

City didukung oleh kembalinya aksi Sergio Aguero, yang kembali beraksi setelah hampir empat bulan di lini samping karena cedera lutut.

Terciptanya gol

Aguero adalah arsitek yang merepotkan pertahanan Arsenal sebelum memberi umpan kepada Foden yang berada di sayap kiri lapangan. Umpan Aguero kemudian diteruskan dengan sebuah tendangan oleh  Foden. Kiper The Gunners, Leno, mampu menahan laju bola. Sayangnya bola mantul malah jatuh ke kaki Raheem Sterling.

Dengan kelasnya sebagai pemain depan dan antisipasi yang tepat, Sterling mampu menjadikan bola rebound tersebut menjadi gol ke gawan Arsenal.

Raheem Sterling membuktikan dirinya menjadi duri bagi Arsenal sepanjang pertandingan dan menutup penampilan bagus City yang tampil sebagai pemenang. Itu adalah gol keempat penyerang Inggris musim ini.

SUSUNAN PEMAIN

City: Ederson, Walker, Ake, Dias, Cancelo, Rodrigo, Bernardo, Foden (Fernandinho 88), Aguero (Gundogan 64), Sterling, Mahrez

Subs: Steffen, Stones, , Torres, Delap, Garcia,

Arsenal: Leno, Bellerin, Holding, dos Santos, Tierney, Ceballos, Xhaka (Partey), Saka, Willian (Lacazette 68), Pepe (Nketiah 82), Aubameyang

Subs: Lacazatte, Runarsson, Maitland-Niles, Partey, Luiz, Elneny, Nketiah

JALANNYA PERTANDINGAN

Gol semata wayang dari Raheem Sterling memberikan tiga angka bagi The Citizens. Hasil Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium berakhir dengan skor 1-0 untuk tuan rumah.

Sebagai tuan rumah yang tengah terluka, Manchester City langsung tancap gas sejak pertandingan dimulai. Anak asuh Pep Guardiola mengurung pertahanan Arsenal.

Di menit ke-12, Manchester City mendapatkan peluang pertama melalui Phil Foden. Sayangnya, tendangan gelandang serang berusia 20 tahun itu belum menuju sasaran dengan jitu.

Terus menyerang, akhirnya pada menit ke-23, Raheem Sterling memecah kebuntuan dengan merobek jala kubu tamu. Skor Manchester City vs Arsenal menjadi 1-0.

Berselang tiga menit kemudian, Arsenal nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, tandukan Nicolas Pepe, menyamping tipis di kiri gawang the Citizens.

Memasuki setengah jam setelah kick off, tempo permainan meningkat. Anak-anak Manchester Biru tetap mendominasi penguasaan bola.Sementara, the Gunners masih mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-35, Sergio Aguero hampir saja menggandakan keunggulan timnya. Sepakan jarak dekatnya masih bisa ditepis Bernd Leno. Lima menit berselang, giliran Arsenal memperoleh peluang terbaik melalui Bukayo Saka. Kali ini Ederson Moraes tampil apik, menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Di sisa waktu yang ada, tak terlihat perubahan berarti. Skor 1-0 untuk City, bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, pemandangan belum berubah secara signifikan. Tuan rumah masih menunjukkan dominasinya. Pada menit ke-54, pemain sayap Manchester City, Riyad Mahrez menemukan ruang tembak di luar kotak penalti lawan. Sayang, upaya mantan pemain Leicester City itu masih bisa dibendung Leno.

Perlahan tetapi pasti, kubu tamu berupaya menaikkan garis pertahanan. Terutama pada sisa 25 menit terakhir. Namun Arsenal tetap kesulitan mengimbangi permainan the Citizens.

Pada menit ke-83, Mikel Arteta memberi debut untuk Thomas Partey. Eks Atletico Madrid itu menggantikan Granit Xhaka.

Masuknya Partey, belum bisa mengubah pertandingan. Sebaliknya pasukan biru langit kian percaya. Hingga laga berakhir, angka di papan skor Etihad Stadium, tidak berubah.

Hasil dengan skor 1-0 di pertandingan Manchester City vs Arsenal berakhir sampai peluit panjang ditiup wasit.

PREVIEW SEBELUM PERTANDINGAN

KINERJA CITY

Sebenarnya Manchester City membuka awal musim dengan baik ketika meraih kemenangan 3-1 atas Wolverhampton Wanderers. Namun, the Citizen dibungkam oleh Leicester City di kandang sendiri, Etihad Stadium, dengan skor telak 2-5.

Pep Guardiola dan timnya seakan belum bisa bangkit dari kekalahan tersebut karena pada partai berikutnya Manchester Biru ditahan imbang 1-1 oleh tim yang baru promosi ke Liga Premier.

Hasil empat poin dari 3 laga awal merupakan start terburuk the Citizens di pentas Liga Inggris sejak musim 2010/2011. Bahkan kegagalan memetik kemenangan di 2 laga terakhir Liga Premier menjadi catatan performa terburuk City sejak 2017.

Tidak berlebihan kalau ada pandangan yang menyatakan Manchester City mengalami penurunan performa di musim ini. Terutama di sisi pertahanan dengan melihat mereka sudah 7 kali kebobolan dari tiga pertandingan.

AYO BACA : LIVE MANCHESTER CITY VS ARSENAL: Liga Inggris 17 Oktober (Jadwal, Preview & Prediksi, Hasil, Gol, Skor, Live Mola TV)

Pelatih City, Pep Guardiola, mengakui, timnya memang belum menemukan performa terbaiknya pada awal musim ini. Namun, pelatih asal Spanyol itu optimistis, setelah jeda internasional, the Citizens bisa langsung tancap gas dan memperbaiki kesalahan.

“Kami akan mencoba untuk bisa bangkit lagi. Kami masih harus memperbaiki sejumlah aspek permainan karena pada awal musim ini, kami belum berada dalam performa terbaik,” ujar Guardiola dalam wawancara dengan Sports, belum lama ini, seperti dikutip replubika.co.id.

Sayangnya, di laga kontra Arsenal, City dikabarkan bakal kehilangan sejumlah pemain. Kevin De Bruyne disebut kembali lebih cepat dari timnas Belgia lantaran mengalami cedera ringan. Pun dengan Raheem Sterling yang dikabarkan mengalami cedera hamstring.

 

Namun, Ikay Gundogan sudah bisa diturunkan di laga ini usai menjalani isolasi mandiri pasca-terjangkit Covid-19. Sementara untuk menjawab rapuhnya lini belakang, Guardiola akan mengandalkan bek tengah anyar City, Ruben Dias, yang telah menjalani debut di laga kontra Leeds.

TANGAN DINGIN ARTETA

Sejak dibesut Mikel Arteta pada pertengahan musim lalu, Arsenal selalu mampu menyulitkan anggota the Big Six Liga Inggris. The Gunners hanya mengemas satu kekalahan dari tujuh pertemuan terakhir dengan the Big Six di semua ajang.

Selama periode tersebut, Arsenal berhasil memetik tiga kemenangan, termasuk saat menyingkirkan City di semifinal Piala FA musim lalu. Pun saat membungkam Chelsea di partai final Piala FA.

Mikel Arteta, mantan asisten pelatih Pep Guardiola, itu tidak mau terpengaruh dengan catatan minor City pada musim ini. “'Saya tak melihat ada penurunan performa City. Mereka hanya kurang beruntung. Seharusnya, mereka bisa memastikan kemenangan lebih dulu,”' kata Arteta seperti dilansir Football London, Sabtu (16 Oktober).

Arteta, yang kerap dianggap murid dari Guardiola, sejauh ini terbukti mampu keluar dari bayang-bayang Guardiola dan membawa ciri khas baru dalam permainan the Gunners, terutama dalam kolektivitas serta struktur serangan.

“Ambisi kami adalah datang ke sana dan mengalahkan mereka sekali lagi. Setiap detail akan sangat menentukan dan performa pemain harus berada di level tertinggi,” tegas mantan gelandang Arsenal tersebut.

Pertandingan Manchester City vs Arsenal kemungkinan menjadi debut Thomar Partey di Liga Inggris. The Gunners rela merogoh kocek 45 juta poundsterling agar bisa mendapatkan pemain incaran itu dari Atletico Madrid.

Kehadiran gelandang berusia 27 tahun asal Ghana ini dianggap bakal menciptakan ancaman buat The Citizen. Selama memperkuat Atletico, kemampuan Partey pun terus berkembang.

Tidak hanya membantu pertahanan dan menjaga tempo permainan dari posisi gelandang bertahan, alumni tim junior Los Rojiblancos itu mulai piawai mengirimkan umpan terobosan, yang mampu dimanfaatkan para penyerang Atletico. Kemampuan inilah bisa dimanfaatkan Arteta di laga kontra City.

“Memanfaatkan kreativitas Partey akan menjadi fokus utama Arteta. Persepsi tentang Partey, yang dianggap hanya mampu bertahan, perlahan akan berubah seiring dengan keputusan Arteta dengan memberikan peran baru kepada dirinya,” tulis laporan Manchester Evening News, Jumat (16 Oktober), seperti dikutip republika.co.id.

Berikut ini kemungkinan formasi Arsenal dengan kehadiran Thomas Partey:

Arsenal (3-4-3): Leno; Memegang, Luiz, Gabriel; Bellerin, Partey, Ceballos, Saka; Willian, Lacazette, Aubameyang.

Ian Wright berharap melihat Thomas Partey berada di starting XI Arsenal saat bertandang ke Etihad Stadium menghadapi Manchester City akhir pekan ini. Menurut dia, gelandang itu memiliki kemampuan untuk 'mengolah bola' dan membuka pintu untuk Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette dalam serangan Arsenal.

Mantan striker legendaris Arsenal itu merasa Partey akan terbukti jauh lebih dari sekadar 'perusak' di lini tengah.

“Kita tidak sedang membicarakan tentang gelandang di mana orang-orang mungkin hanya memandang sebagai stopper, kemudian menyerang lantas mengoper bola ke pemain berikutnya. Orang ini bisa mengolah bolanya,” kata Wright.

Menurut penilaian striker The Gunners pada masanya itu, Arsenal sudah memiliki Dani Ceballos dan juga Granit Xhaka untuk menghasilkan umpan-umpan bagus.

“Namun, mereka jarang masuk lebih jauh (ke pertahanan lawan). Dan itulah yang akan dilakukan Thomas Partey. Dia akan membawa bola ke area yang bagus. Dia bisa berlari dengan bola dan mengoper bola. Mudah-mudahan dia bisa mengaktifkan sisi kanan seperti halnya sisi kiri Arsenal.”

Dalam pandangan Wright, Arsenal tidak bisa hanya mengandalkan seorang Aubameyang yang mampu mencetak dua gol dalam satu pertandingan, tetapi pada pertandingan lain tidak berbuat apa-apa karena diisolasi pemain lawan.

“Arsenal kini memiliki seorang gelandang yang bisa bersama seseorang seperti Willian dan semoga (Nicolas) Pepe akan terus menjadi lebih baik. Mereka bisa menciptakan peluang di lini pertahanan lawan.”

PREDIKSI (metro.co.uk)

Media Inggris, metro.co.uk, melihat pertandingan Manchester City vs Arsenal akan menjadi permainan sepakbola yang indah antara dua tim papan atas Liga Inggris.

Arsenal terlihat semakin kuat di bawah Arteta musim ini dan terus tampil mengesankan di setiap pertandingan. Sementara itu, Manchester City yang tertatih-tatih di awal musim 2020/2021. Namun, semuanya bisa berubah. Citizens sangat membutuhkan kemenangan.

Satu hal lagi yang disorot Metro adalah kekalahan Arsenal 1-3 dari Liverpool. Pertandingan itu jelas merupakan ujian berat bagi The Gunners ketika harus menghadapi klub papan atas Liga Inggris.

Di sisi lain, jeda internasional yang menyebabkan Liga Inggris libur para pekan lalu memberikan waktu  istirahat yang cukup bagi Manchester City.

Metro memprediksi Manchester City lebih difavoritkan untuk memenangkan pertandingan mereka melawan Arsenal. Apalagi ada kemungkinan Tierney dan mungkin Aubameyang absen pada laga tersebut.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN (metro.co.uk)

MANCHESTER CITY

Line-up (4-3-3): Ederson; Walker, Ruben Dias, Laporte, Mendy; Fernandinho, Rodri, Foden; Mahrez, Sterling, Torres

Tidak bisa tampil: Zinchenko (cederaInjured)

Belum pasti: De Bruyne, Gundogan, Jesus, Sterling, Aguero

ARSENAL

AYO BACA : Cara Mudah Mencairkan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik Online

Line-up (3-4-3): Leno; Holding, Gabriel, David Luiz; Bellerin, Dani Ceballos, Xhaka, Saka; Willian, Lacazette, Pepe

Tidak bisa tampil: Martinelli, Pablo Mari, Chambers, Mustafi, Smith Rowe, Sokratis, Tierney

Belum pasti: Aubameyang

Enam Pertandingan Terakhir

Man City

1 – 1 vs Leeds (AWAY) 3 Oktober 2020 Liga Inggris

3 – 0 vs Burnley (A) 30 September 2020 Carabao Cup

2 – 5 vs Leicester (HOME) 27 September 2020 Liga Inggris

2 – 1 vs B'mouth (H) 24 September 2020 Carabao Cup

3 – 1 vs Wolves (A) 21 September 2020 Liga Inggris

1 – 3 vs Lyon (H) 15 Agustus 2020 Liga Champions Perempat Final

Arsenal

2 – 1 vs Sheff Utd (H) 4 Okotober Liga Inggris

0 – 0 vs Liverpool (A) 1 Oktober 2020 Carabao Cup (menang adu penalti 5-4)

1 – 3 vs Liverpool (A) 28 September 2020 Liga Inggris

2 – 0 vs Leicester (A) 23 September 2020 Carabao Cup

2 – 1 vs West Ham (H) 19 September 2020 Liga Inggris

3 – 0 vs Fulham (A) 12 September 2020 Liga Inggris

JADWAL LIGA INGGRIS 17—19 OKTOBER 2020

Sabtu 17 Oktober

18:30 WIB: Everton vs Liverpool

21:00 WIB: Chelsea vs Southampton

23:30 WIB: Manchester City vs Arsenal

Minggu 18 Oktober

21:00 WIB: Newcastle Utd vs Manchester United

21:00 WIB: Sheffield Utd vs Fulham

20:00 WIB: Crystal Palace vs Brighton

22:30 WIB: Tottenham vs West Ham

Senin 19 Oktober

02:00 WIB: Leeds vs Wolves

21:00 WIB: Leicester vs Aston Villa

21:00 WIB: West Brom vs Burnley

Wasit: Chris Kavanagh

Asisten: Sian Massey-Ellis, Constantine Hatzidakis

Offisial keempat: Anthony Taylor

VAR: Stuart Attwell

Asisten VAR: Andy Halliday

 

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Belajar dari Gus Baha dan Anak Tongkrongan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar