HASIL GETAFE VS BARCELONA: Skor 1-0, Messi & Ansu Fati Nihil Gol (Liga Spanyol)

  Minggu, 18 Oktober 2020   Eries Adlin
Ansu Fati/fcbarcelona.com

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Hasil Getafe vs Barcelona berakhir dengan skor 1-0. Dua bintang Barcelona yang dipandang bisa bersinar; Lionel Messi dan Ansu Fati justru meredup. Keduanya mandul, tidak mampu menyumbangkan gol bagi Barca.

Stadion Alfonso Perez, Minggu dini hari (18 Oktober 2020) memang angker bagi Lionel Messi, Ansu Fati, dan kawan-kawan. Racikan Ronald Koeman, sang pelatih Barcelona, tidak mampu membawa hasil tiga angka dari pertandingan Getafe vs Barcelona. Mereka justru kebobolan 1 gol pada menit

Dengan kekalahan ini, Barcelona kini terlempar ke urutan kesembilan dengan 7 poin dari 4 kali pertandingan. Sementara itu, Getafe melesat ke posisi kedua dengan 10 poin dari 5 laga yang mereka lakoni.

Sebenarnya, Barcelona sudah berinisiatif melakukan penyerangan sejak menit awal pertandingan. Bahkan Lionel Messi mengancam di menit ke-19 lewat tendangan khasnya. Sayang bola masih membentur tiang gawang.

Peluang kembali didapat Barcelona pada ke-29. Pedri mengirimkan umpan terobosan kepada Antoine Griezmann yang berdiri bebas. Bola tembakan striker Prancis itu gagal menemui sasaran.

Kedua klub gagal mencetak gol hingga memasuki masa jeda. Kedudukan sama kuat 0-0 bertahan sampai turun minum. Barcelona menguasai bola sebanyak 70 persen dan melepaskan tiga tembakan. Namun, justru Getafe lebih banyak melakukan tendangan yakni empat kali.

Memasuki paruh kedua, Barcelona terus menggempur lini belakang Getafe. Keasyikan menyerang, Los Cules malah kebobolan pada menit ke-56.

Adalah Jaime Mata yang membawa Getafe unggul lewat eksekusi penalti. Hadiah dari titik putih itu diberikan wasit seusai Frenkie de Jong melanggar Djene di kotak terlarang. Skor berubah menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah.

Barcelona terus menyerang seusai tertinggal selisih satu gol. Anak-anak Barca nyaris menyamakan kedudukan lewat Ansu Fati pada menit ke-79. Lagi-lagi, tendangan bola percobaannya belum mampu menaklukkan kiper David Soria.

Kemudian, Getafe berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-83 lewat tembakan jarak jauh. Juan Hernandez yang mengarah langsung ke gawang. Untung kiper pengganti Barcelona, Neto mampu menepis tendangan itu.

Hernandez lagi-lagi mendapat peluang emas pada menit ke-89. Penyerang asal Kolombia itu berada dalam posisi satu lawan satu dengan Neto.  Sayang, bola sepakannya tidak mengarah ke gawang.

Tidak ada gol tambahan sampai wasit meniup pluit akhir pertandingan. Laga tuntas untuk kemenangan Getafe 1-0 atas Barcelona.

ANSU FATI GAGAL

Sebelum laga Getafe vs Barcelona yang berakhir dengan skor 1-0 untuk tuan rumah, Ansu Fati sudah mencetak 10 gol, sama dengan pencapaian Pablo Pombo Quintana yang sudah berusia hampir 90 tahun. Pablo mencatatkan rekor tersebut pada La Liga musim 1933/1934. Sebagai striker yang dipercaya pelatih Barcelona Ronald Koeman, Ansu Fati merupakan pemain yang juga bisa mempengaruhi hasil Getafe vs Barcelona pada laga Minggu 18 Oktober tersebut.

Peluang menciptakan rekor tersebut sudah ada sejak dua pekan lalu ketika Barcelona menjamu Sevilla. Ansu Fati gagal mencetak gol di laga yang berakhir imbang 1-1. Namun, dia baru akan genap berusia 18 tahun pada 31 Oktober sehingga masih tersisa dua laga lagi di La Liga yang membuka peluang itu yakni di pertandingan Getafe vs Barcelona dan el Clasico Barcelona vs Madrid pada 25 Oktober.

CATATAN REKOR

Pada musim ini, Ansu Fati sudah mencetak tiga gol di ajang La Liga. Dua gol dia cetak pada pertandingan pertama ketika Barcelona menghadapi Villareal. Satu gol lagi dia sumbangkan saat Barca melawan Celta Vigo.

Bernama lengkap Anssumane Fati, striker muda Barcelona ini lahir di Bissau, ibu kota Guinea Bissau, pada 31 Oktober 2002). Keluarga Ansu Fati pindah ke Seville ketika usianya 6 tahun di mana. Di kota itu juga dia memulai karier sepak bola dengan bergabung dengan sebuah klub yunior.

AYO BACA : LIVE MANCHESTER CITY VS ARSENAL: Liga Inggris 17 Oktober (Jadwal, Preview & Prediksi, Hasil, Gol, Skor, Live Mola TV)

Pada 2012, ketika usianya menginjak 10 tahun, Ansu Fati bergabung dengan tim yunior FC Barcelona. Bersinar di tim muda, pemain yang menggantikan posisi Luis Suarez sebagai striker akhirnya tampil dalam debut bersama tim utama Barcelona mulai musim 2019/20.

Berikut ini beberapa rekor yang dicatatkan oleh Ansu Fati yang bahkan tidak dimiliki oleh seorang Lionel Messi:

1. Debutan LaLiga termuda kedua di Barcelona

25 Agustus 2019

Ansu Fati adalah pemain termuda kedua yang melakukan debut untuk tim utama Barcelona di LaLiga. Saat usianya 16 tahun 298 hari, Ansu Fati masuk menggantikan Carles Pérez pada menit ke-78 saat Barcelona menang 5-2 atas Betis di Camp Nou. Dia berada di bawah Vicente Martínez yang membuat penampilan pertamanya pada usia 16 tahun, 9 bulan, dan 7 hari.

2. Pencetak gol LaLiga termuda Barcelona

31 Agustus 2019

Melawan Osasuna di El Sadar, Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Barcelona. Dia mencetak gol pertama ketika Barca bermain imbang 2-2 dengan Osasuna. Golnya tercipta dari umpan silang Carles Pérez. Ansu Fati berusia 16 tahun dan 304 hari saat itu.

3. Starter termuda di Camp Nou

14 September 2019

Melawan Valencia, Ansu Fati adalah pemain termuda yang bermain untuk Barcelona di Camp Nou, berusia 16 tahun 318 hari.

4. Pemain termuda yang mencetak gol dan memberikan assist di LaLiga

14 September 2019

Dalam pertandingan yang sama ketika Barcelona menang 5-2 atas Valencia, dalam waktu tujuh menit dia menjadi pemain termuda yang mencetak dan memberikan assist dalam satu pertandingan liga (16 tahun dan 318 hari).

5. Pencetak gol termuda di Camp Nou

14 September 2019

Golnya menjadikannya pencetak gol termuda dalam sejarah Camp Nou, baik untuk FC Barcelona atau tim ketika melakukan laga tandang (16 tahun dan 318 hari).

6. Debutan Liga Champions termuda Barcelona

AYO BACA : Cara Mudah Mencairkan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan via Lapak Asik Online

17 September 2019

Ansu Fati adalah pemain termuda yang tampil untuk Barcelona di Liga Champions. Dia memulai debutnya dalam pertandingan melawan Borussia Dortmund pada usia 16 tahun dan 321 hari, dan sebagai pengganti Leo Messi pada menit ke-59.

7. Pemain termuda kedua untuk Spanyol U21

15 Oktober 2019

Performanya di Barcelona membuatnya mendapat tempat di kualifikasi Euro U21 melawan Montenegro. Dia menjadi pemain termuda kedua setelah mantan pemain Barca lainnya, Bojan Krkic, yang membela U-21 Spanyol.

8. Pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions

10 Desember 2019

Pada pertandingan terakhir Penyisihan Grup, Ansu Fati masuk pada menit ke-85 melawan Internazionale di San Siro. Semenit kemudian, dia mencetak gol kemenangan. Selain memberi Barcelona kemenangan, gol itu menjadikannya pencetak gol termuda dalam kompetisi, pada usia 17 tahun dan 40 hari.

9. Pemain termuda yang mencetak dua gol dalam sejarah liga

2 Februari 2020

Selain mencetak dua gol melawan Levante, dia menjadi pemain termuda yang pernah mencetak dua gol dalam sejarah liga. Di usianya yang baru 17 tahun 94 hari, dia melampaui Juanmi yang pada 2010 mencapai prestasi tersebut dalam usia 17 tahun 115 hari saat bermain untuk Málaga. Juanmi, pemain asal Andalusia, mematahkan rekor mantan pemain Barca, Bojan Krkic, yang mencetak dua gol ke gawang Valladolid pada 2008, di usia 17 tahun 208 hari.

10. Nominasi Golden Boy

Pada 15 Agustus diumumkan bahwa pemain muda Barcelona itu terpilih masuk nominasi untuk penghargaan Golden Boy yang diberikan oleh majalah Italia Tuttosport untuk pemain terbaik di bawah usia 20 tahun.

11. Pemain termuda kedua untuk Spanyol

3 September 2020

Dalam pertandingan UEFA Nations League melawan Jerman, Luis Enrique memasukkan Ansu Fati pada babak kedua. Satu-satunya debutan yang lebih muda dibandingkan Ansu Fati ketika membela Timnas Spannyol adalah Zubieta, pesepakbola Basque dari awal abad ke-20.

Dia juga bisa menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Spanyol, seandainya golnya tidak dianulir karena pelanggaran yang dilakukan oleh Sergio Ramos.

12. Pencetak gol termuda bersama tim nasional Spanyol

6 September 2020

Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda di tim nasional Spanyol ketieka mencetak gol melawan Ukraina dalam 17 tahun dan 311 hari. Striker muda itu melampaui Errazquin, yang mencetak gol di usia 18 tahun pada tahun 1925.

AYO BACA : KOPI SUSU CING ABDEL: Belajar dari Gus Baha dan Anak Tongkrongan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar