--> -->

Cek Rekening! KJP Plus Tahap 1 SMA / SMK / SMALB / MA Cair! Lalu, KJP Plus Tahap 2 Kapan?

  Selasa, 27 Oktober 2020   Aini Tartinia
sebagai ilustrasi. Siswa SMK menerima KJP Plus/ Republika

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Usai libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1312 H, kabar baik datang untuk para pelajar DKI Jakarta yang tercatat sebagai peserta Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus. Dana KJP Plus Tahap 1 Oktober 2020 untuk peserta didik jenjang SMA / SMALB / MA sebesar Rp420 ribu per bulan dan SMK Rp450 ribu per bulan, mulai hari ini cair ke rekening.

Akun resmi Instagram (IG) Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta melalui akun resmi Instagramnya mengabarkan jadwal lengkap pencairan KJP Plus Tahap 1 Tahun 2020.

“ Ada info penting yang harus diketahui, yaitu pencairan dana KJP Plus Tahap 1 Tahun 2020 bulan Oktober mulai cair mulai 23 Oktober 2020 ,” tulis akun tersebut.

Melansir akun resmi Disdik DKI Jakarta tersebut, berikut ini jadwal lengkap pencairan dan besaran Dana KJP Plus:

Jumat, 23 Oktober 2020 (SD / SDLB / MI total bantuan RP 250 ribu per bulan)

Senin, 26 Oktober 2020 (SMP / SMPLB / MTs / PKBM total bantuan Rp 300 ribu per bulan)

Selasa, 27 Oktober 2020 (SMA / SMALB / MA total bantuan Rp 420 ribu per bulan dan SMK total bantuan Rp450 ribu per bulan).

AYO BACA : PENANGANAN DAMPAK COVID-19: 9 Juta Masyarakat Tak Mampu Terima Bansos Tunai

Selanjutnya, para penerima KJP Plus dan KJMU diimbau untuk memperoleh dana masuk dan bertransaksi melalui aplikasi JakOne Mobile dari smartphone masing-masing.

Lalu, selama memanfaatkan atau membelanjakan dana KJP Plus agar tetap memperhatikan pelaksanaan PSBB dan melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Selalu menggunakan masker tanpa kecuali

2. Sering mencuci tangan dengan sabun dan melaksanakan etika batuk dan bersin di tempat umum

3. Ucapan berjabat tangan, bercium pipi dan saling berisik berbicara. Gunakan metode lain untuk saling sapa tanpa harus bersentuhan.

4. Tundan ke ATM dan kantor layanan bank yang terjadi kerumunan dan tidak dapat menjaga jarak aman minimal 1 meter.

5. Lebih praktis, aman, dan nyaman di lebih dari 2,9 juta pedagang QRIS melalui scan ke Play JakOne Mobile.

AYO BACA : Antisipasi Lonjakan Covid-19, Sekretariat Kota Jakarta Utara Sarankan ASN Tak Bepergian Saat Cuti Bersama

Diketahui, KJP Plus adalah program strategis untuk memberikan akses bagi warga DKI Jakarta dari masyarakat yang tidak mampu agar dapat mengenyam pendidikan minimal sampai dengan tamat SMA / SMK dengan dibiayai penuh dari APBD Provinsi DKI Jakarta.

Siswa tidak mampu adalah peserta didik pada jenjang pendidikan SD sampai dengan menengah yang dinyatakan tidak mampu secara materi maupun tahap orang tua yang tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan.

Kebutuhan dasar pendidikan yang mencakup seragam, sepatu, dan tas sekolah, biaya transportasi, makanan dan biaya ekstrakurikuler.

Bagaimana kabar pencairan KJP Plus Tahap 2?

Pusat Pelayanan Pendanaan Pendidikan Personal dan Operasional (P4OP) Disdik DKI Jakarta memikirkan pertanyaan tentang kepastian daftar nama calon penerima KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020. Jika sudah rampung, pengumuman yang dipublikasikan melalui akun Instagram resmi @ upt.p4op atau @disdikdki.

“ KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020 saat ini sedang proses penetapan daftar calon penerima untuk ditetapkan melalui Keputusan Gubernur, ” tulis akun Twitter @ upt_p4op, Senin (26/10/2020).

Berdasarkan penelusuran  pencairan KJP Plus dari tingkat SD, SMP, dan SMA biasanya dilakukan di atas tanggal 20-an setiap bulan

Jika sebelumnya melihat jadwal pencairan dana KJP Plus Tahap 1 Tahun 2020, pertama cair yakni pada 20 Juli 2020 hingga 23 Juli 2020. Lalu, pencairan kedua pada 19 Agustus 2020 hingga 25 Agustus 2020 dan pencairan ketiga pada 22 September 2020 hingga 25 September 2020 dan saat ini cair kembali pada 23 Oktober 2020 hingga 27 Oktober 2020.

Diperhatikan dari tanggal pencairan dari Juli 2020 hingga September 2020 tersebut, maka kemungkinan prediksi KJP Plus Tahap 2 Tahun 2020 bakal cair bulan depan di atas tanggal 20-an. Tetap tunggu dan sabar ya.

AYO BACA : PSBB TRANSISI: Satpol PP Cek Protokol Kesehatan di Kafe & Restoran Jalan Waru Rawamangun

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar