>

Sudah Ada 2.332 Pelanggar Protokol Kesehatan di Jakarta Selatan yang Ditindak

  Jumat, 30 Oktober 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi pelanggar protokol kesehatab/ ist via Republika.co.id

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Dalam periode 12 hingga 28 Oktober 2020, sudah ada 2.332 orang yang ditindak karena melanggar protokol kesehatan dalam masa PSBB Transisi di Jakarta Selatan. Itu dikemukakan Kepala Satpol PP Jakarta Selatan (Jaksel) Ujang Harmawan.

Hermawan menjelaskan, para pelanggar sebagian besar adalah orang yang tidak mengenakan masker di ruang publik. Kebanyakan dari mereka dijatuhi sanksi kerja sosial.

AYO BACA : Kota Bogor Catat 33 Kasus Baru Covid-19

"Total Penindakan PSBB Transisi (sesuai) Pergub 101/2020 dan Pergub 88/2020 selama 12-28 Oktober adalah sebanyak 2.332 pelanggar," kata Ujang kepada Republika - jaringan Ayojakarta, Kamis (29/10/2020).

Sebanyak 2.260 orang dijatuhi sanksi kerja sosial. Sedangkan 72 lainnya diberikan sanksi denda administrasi. "Terkumpul denda administrasi senilai Rp 11.650.000," kata Ujang.

AYO BACA : Libur Panjang, Jumlah Penumpang Pesawat di Soetta Cetak Rekor Tertinggi

Jumlah pelanggar sebanyak itu hanyalah mereka yang berhasil ditindak. Tak sedikit pula masyarakat yang kabur ketika kedapatan tidak memakai masker.

Hal itu tampak ketika petugas Satpol PP melakukan inspeksi mendadak di Cafe Kampung Kopi dan sebuah pujasera yang sama-sama berlokasi di Jalan Ciledug Raya, Pesanggrahan, pada Rabu (28/10) malam. 

"Sebagian kita berikan sanksi masker. Sebagian lain kabur ketika melihat petugas datang," kata Ujang.

Ujang menambahkan, jajarannya bakal tetap melakukan pengawasan secara ketat kendati saat ini fase PSBB transisi. Justru, kata dia, pengawasan harus semakin ketat karena masyarakat semakin ramai berakitivitas di luar rumah. Apalagi sekarang sudah memasuki periode libur panjang akhir Oktober. 

"Di Jakarta Selatan ini, selain mal, tempat wisata juga kita lakukan pengawasan. Misalnya, Setu Babakan dan Taman Margasatwa Ragunan," katanya.

AYO BACA : Aplikasi Monitoring Perubahan Perilaku Pantau 3,8 Juta Titik

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar