>

Libur Panjang, 509 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta dalam 3 Hari

  Jumat, 30 Oktober 2020   Aini Tartinia
sebagai ilustrasi. Arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak pada momen libur panjang akhir Oktober 2020. Foto: Astra Tol Tangerang-Merak

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Selama 27 Oktober hingga 29 Oktober 2020 libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H, Jasa Marga mencatat sebanyak 509 ribu kendaraan telah meninggalkan DKI Jakarta.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan, jumlah tersebut merupakan kumulatif dari pantauan di beberapa gerbang tol utama.

AYO BACA : Libur Panjang, Warga Jakarta Diminta Kembali Sebelum 1 November

"Kumulatif arus lalin dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan)," ujar Heru dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10/2020).

Total volume lalu lintas yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,3%, jika dibandingkan dengan lalu lintas selama hari biasanya di masa pandemi Covid-19.

AYO BACA : Libur Panjang, Volume Arus Tol Tagerang-Merak Meningkat 10 Persen

Heru menjelaskan, mayoritas kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Timur yakni sebanyak 50,02% atau 254 ribu kendaraan. Jumlah ini naik 66,1% dari hari biasanya.

Rinciannya, pengemudi yang melewati GT Cikampek Utama 1 sebanyak 143 ribu kendaraan. Jumlah ini naik 80% dari hari biasa selama pandemi. Kemudian lewat GT Kalihurip Utama 1 ada 110 ribu kendaraan, naik sebesar 51,0%.

Sementara itu, kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat tercatat sebanyak 27,73%. Lalu, kendaraan yang menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 141 ribu kendaraan atau naik sebesar 16,8% dari hari biasa.

Kemudian, kendaraan menuju arah Selatan sebanyak 22,25%. Kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi ada sebanyak 113 ribu kendaraan, atau naik sebesar 27,6% dari hari biasa.

AYO BACA : Marak Begal Sepeda, Pemprov DKI Jaga Jalur Sepeda dalam Dua Shift

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar