>

Kenaikan Penumpang Bus AKAP di Terminal Tipe A hingga 62%

  Sabtu, 31 Oktober 2020   Aini Tartinia
[Ilustrasi] Calon penumpang menuju bus di Terminal Kalideres, Jakarta. (Suara.com/Novian)

PANCORAN, AYOJAKARTA.COM – Terjadi kenaikan rata-rata jumlah penumpang bus Angkutan Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) di sejumlah Terminal Tipe A yang dikelola oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Kepala BPTJ, Polana B. Pramesti menjelaskan, mulai tanggal 22 hingga 28 Oktober, rata-rata jumlah penumpang meningkat antara 23% hingga 62% dibandingkan hari-hari biasa pada pekan sebelumnya.

“Terminal Pondok Cabe misalnya tercatat kenaikan sebesar 23%, Terminal Jatijajar sebesar 38% dan Terminal Poris Plawad sebesar 62%,” ujar Polana dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10/2020).

AYO BACA : Demi Kenyamanan Penumpang, Pengelola Terminal Kalideres Perketat Protokol Kesehatan

Di sisi lain, Terminal Baranangsiang Bogor justru tidak mengalami kenaikan signifikan. Volume penumpang saat ini justru lebih kecil dibandingkan dengan pekan sebelumnya, yakni rata-rata sebesar 182 orang.

“Data yang diperoleh dari tanggal 22 hingga 28 Oktober 2020 menyebutkan bahwa rata-rata setiap hari, Terminal Baranangsiang Bogor tercatat melayani keberangkatan penumpang AKAP sebesar 134 orang,” kata Polana.

Lebih lanjut, Polana pun mengatakan saat ini yang penting untuk diperhatikan adalah penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, untuk menghindari penularan Covid-19 di transportasi publik maka lingkungan strategis perlu dijaga juga menjaga perilaku pengguna transportasi publik.

AYO BACA : Meski Ramai Penumpang, Menhub Apresiasi Prokes di Terminal Kampung Rambutan

“Pengguna transportasi publik harus benar-benar sehat dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, memenuhi ketentuan jaga jarak dengan tidak bergerombol atau berkerumun selama dalam perjalanan,” ungkapnya.

Melihat terjadinya peningkatan pengguna layanan di sejumlah terminal, Polana juga mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan perjalanan kembali atau perjalanan balik lebih awal.

““Kami berharap masyarakat tidak bertumpu pada satu waktu atau pada satu hari tertentu saat kembali seusai libur panjang ini. Ini diperlukan untuk menghindari terjadinya potensi penumpukan penumpang pada saat arus balik nanti,” pungkasnya.

Diketahui, terminal tipe A yang berada di bawah pengelolaan BPTJ antara lain Terminal Tipe A Jatijajar, Kota Depok, Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang; Terminal Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan dan Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

AYO BACA : Terminal Kalideres Tunggu Permenhub Izin Operasional AKAP

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar