Ratusan Warga Kebayoran Lama Keruk Kali Sekretaris Cegah Luapan Air

  Minggu, 01 November 2020   Icheiko Ramadhanty
warga kerja bakti keruk kali / selatan.jakarta.go.id

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Sebanyak 150 pasukan warna-warni bersama dengan warga, saling membahu dalam kerja bakti. Mereka disibukkan untuk membersihkan Kali Sekretaris di Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama Kota Administrasi Jakarta Selatan. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Marullah Matali, terjun langsung bersama sejumlah pejabat wilayah. Dia menyempatkan diri turun ke kali dan mengeruk sedimen yang mengendap. Batu, pasir, lumpur, keramik dan kaca bekas adalah material yang kerap ditemukan.

Camat Kebayoran Lama, Aroman, menjelaskan penyebab Kali Sekretaris kerap naik meluap karena kiriman dari Kali Ciliwung, Kali Pesanggrahan dan hujan lokal. 

AYO BACA : Siaga Banjir, Satgas Pasar Rebo Bangun Saluran Air 60 Meter

"Daya tampung saluran di wilayah DKI secara umum 150 ml per hari. Seharusnya kalau hujan lokal di bawah 150 ml bisa ditampung di saluran. Kalau terjadi genangan berarti ada yang salah. Itu yang harus kita teliti dan bereskan," jelas Aroman dilansir dari selatan.jakarta.go.id, Minggu (1/11/2020).

Kerja bakti juga dibantu dengan sejumlah alat berat dan truk untuk membantu pengangkutan meterial lumpur dan sampah. Warga sekitar juga terpantau mengangkut sampah dengan gerobak. 

"Karena akses dan jangkauan alat berat gak bisa tercover makanya butuh bantuan kita semua. Mudah-mudahan bisa mengurangi genangan di wilayah RW 06. Kalau sudah dibersihkan, semua warga (dipinta) untuk tidak membuang sampah di Kali. Karena sumbatan di Kali disebabkan karena sampah," katanya.

Aroman menjelaskan, 150 anggota tersebut terdiri dari Suku Dinas Lingkungan Hidup, SDA , Bina Marga, Dishub, Satpol PP dan Kehutanan. "Jumlah anggota yang terlibat sekitar 150 orang. Pasukan oranye, biru, kuning,hijau semuanya turun ini," pungkasnya.

AYO BACA : Hujan Deras Disertai Angin dan Banjir Warnai Cuaca Bekasi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar