--> -->

Wilayah RW 06 Utan Kayu Selatan Dinobatkan Jadi Kampung Sehat

  Jumat, 06 November 2020   Aini Tartinia
Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar menandatangani prasasti peresmian kampung sehat Utan Kayu, Matraman/dok: timur.jakarta.go.id

MATRAMAN, AYOJAKARTA.COM - Wilayah RW 06 Utan Kayu Selatan, Matraman, Jakarta Timur, diresmikan sebagai kampung sehat. Pasalnya di lokasi tersebut warga memanfaatkan gang-gang miliknya untuk kegiatan bercocok tanam dan memelihara ikan.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, hadir langsung untuk meresmikan kawasan tersebut sebagai kampung sehat. Sembari berkeliling menyusuri gang kecil yang di kiri kanannya banyak ditanami aneka jenis tanaman, ia pun cukup takjub.

"Ini harus menjadi contoh untuk wilayah lain agar bisa memanfaatkan area yang ada," katanya dilansir beritajakarta.id, Jumat (6/11/2020).

AYO BACA : Hindari Klaster Covid-19, Pengawasan di Pulau Untung Jawa Diperketat

Menurut Anwar, berbagai jenis sayur mayur hidroponik, tanaman hias hingga tanaman pelindung terlihat rapi. Bahkan, di lokasi itu juga banyak terdapat kolam gizi yang di bangun di atas saluran air menggunakan media kolam berbahan baja ringan dan terpal.

"Saya mengapresiasi para pengurus RW 06 Utan Kayu Selatan, yang telah menciptakan kampung sehat," ujarnya.

Anwar menambahkan, jika lingkungan sekitar sehat maka dapat dipastikan warganya juga terbebas dari bahaya penyakit termasuk Covid-19. Hal ini juga dibuktikan dengan tidak adanya warga sekitar yang terpapar.

AYO BACA : KPBB Sebut Indonesia Perlu Gencarkan Transportasi Rendah Karbon

"Kampung sehat ini juga bisa menjadi contoh bagi wilayah lain, karena pastinya kita semua juga akan sehat," ungkapnya.

Hal tersebut tentunya didukung pula dengan penerapan protokol kesehatan 3M dari warga, yakni Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak

Anwar menuturkan, Kampung Sehat ini menjadi bukti bahwa di tengah kota, pemukiman padat penduduk bisa disulap sedemikian rupan dan membawa dampak yang baik.

Ia pun akan meminta ke camat dan lurah untuk menggerakkan program ini diseluruh wilayah Jakarta Timur.  "Karena ini sangat membanggakan, jadi ini terintegrasi dengan lingkungan yang asri," pungkasnya.

AYO BACA : Antisipasi Banjir, Dinas SDA DKI Jakarta Perbaiki 10 Alat Ukur Curah Hujan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar