>

Perayaan Deepavali Jatuh Pada Hari Ini dan Besok, Pemprov DKI Jakarta Minta Perusahaan Berikan Libur Fakultatif

  Sabtu, 14 November 2020   Icheiko Ramadhanty
Kepala Biro Dikmental DKI Jakarta, Muhammad Zen / dok

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan libur fakultatif dalam rangka untuk memperingati Hari Raya Deepavali 5122 Kaliyuga yang jatuh pada tanggal 14-15 November 2020. Namun dalam perayaannya, Pemprov DKI tetap menegaskan bahwa penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

AYO BACA : Masih Ada Waktu Daftar BLT UMKM Rp2,4 Juta. Begini Caranya!

Kepala Biro Dikmental DKI Jakarta, Muhammad Zen, mengatakan hal tersebut tertuang dalam Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 16 Tahun 2020. Seruan tersebut karena umat Hindu etnis India telah mengajukan usulan kegiatan pertemuan terbatas.

AYO BACA : Belajar dari Pandemi, Saatnya Manusia Kembali Menghargai Kehidupan dan Kesehatan

"Kita juga mengimbau kepada para pimpinan perusahaan di DKI Jakarta untuk memberikan libur fakultatif selama satu hari, antara tanggal 14-15 November 2020 kepada umat Hindu etnis India untuk memperingati Hari Raya Deepavali 5122 Kaliyuga," ujarnya, dilansir dari beritajakarta.id, Sabtu (14/11/2020).

Hari Raya Deepavali merupakan sebuah festival cahaya yang melambangkan kemenangan baik, dan cahaya dinyalakan sebagai harapan umat manusia. Biasanya kegiatan ini sering dilakukan oleh umat Hindu etnis India.

Deepavali atau yang juga dikenal dengan sebutan Diwali, mempunyai ciri khas yaitu gemerlapnya cahaya sekaligus harapan bagi kehidupan dan manusia. Inilah yang melatarbelakangi perayaan Deepavali identik dengan festival cahaya.

Perayaan Deepavali bukan hanya diperingati oleh umat Hindu, namun juga beberapa agama atau kepercayaan lainnya seperti Buddha, Newar, Jain, dan Sikh. Agama dan kepercayaan tersebut juga memiliki hari besar serupa, kendati ada perbedaan dalam penyebutan dan sejarah yang melatarbelakanginya.

AYO BACA : Duh! Selebgram Syaima Salsabila Simpan Ganja, Diciduk Polisi di Apartemennya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar