Danpaspampres Berganti, Pejabat Baru Brigjen Agus Subianto Pernah Menjabat Dandim Solo

  Jumat, 20 November 2020   Budi Cahyono
Selebrasi Pasukan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) saat bertugas mengamankan RI 1. Foto: Republika/ Wihdan Hidayat

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres) berganti. Danpaspampres yang sebelumnya diemban Mayjen Maruli Simanjuntak berganti untuk dijabat Brigjen Agus Subianto.

Pergantian pucuk perwira tinggi di tubuh TNI ini berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, pada Rabu (18/11/2020).

Mayjen Maruli Simanjuntak dipromosikan menjabat Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana menggantikan Mayjen Kurnia Dewantara yang memasuki usia pensiun.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Achmad Riad membenarkan mutasi di lingkungan Mabes TNI tersebut. “Betul, Skep (surat keputusan)-nya sudah dibagikan di grup jurnalis TNI," kata Riad saat dikonfirmasi Republika, Kamis (19/11/2020) malam WIB.

Adapun posisi yang ditinggalkan Maruli ditempati Brigjen Agus Subiyanto. Saat ini, Agus menjabat sebagai Komandan Korem 061/Suryakancana yang bertugas menjaga keamanan Istana Kepresidenan Bogor, yang menjadi tempat tinggal Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan promosi tersebut, Agus bakal naik bintang dan berpangkat Mayjen.

Agus dapat dianggap teman dekat Jokowi. Pada 2009-2011, abituran Akademi Militer (Akmil) 1991 ini menjabat Dandim 0735/Surakarta. Kala itu, Jokowi masih menjabat Wali Kota Surakarta, sebelum pada 2012 terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta. Otomatis, Agus akan berkolaborasi mengamankan aktivitas RI-1 kala menjabat Danpaspampres.

Sementara, Mayjen Maruli Simanjuntak juga pernah berkecimpung di Kota Solo Raya saat menjabat Danrem 074/Warastratama. Saat Presiden Jokowi kembali ke Solo, Maruli tidak asing lagi bagi jurnalis yang meliput kegiatan Kepresidenan saat di Solo Raya.

Dalam mutasi kali ini, ada empat pangdam yang diganti. Selain Pangdam Udayana, ada pula Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab yang dipromosikan menjadi Wakil KSAD. Posisi yang ditinggalkan Herman digantikan Mayjen Ignatius Yogo Triyono, yang sekarang menjadi Komandan Sekolah Calon Perwira AD (Dansecapaad).

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Irwansyah yang memasuki usia pensiun digantikan Mayjen Hassanudin, yang sekarang masih menjabat Pangdam Iskandar Muda (IM). Adapun posisi Pangdam IM bakal ditempati Mayjen Achmad Marzuki yang sekarang menjabat Inspektur Kostrad.

Di TNI AU, terjadi pergantian di posisi Kepala Dinas Penerangan AU (Kadispenau) yang saat ini diduduki Marsma Fajar Adriyanto. Fajar digeser menjadi Kapuspotdirga, dan posisinya bakal ditempati Kolonel Indan Gilang Buldansyah.

Indan pernah menjadi Komandan Lanud Adi Sumarmo, Solo, dan abituren Akademi Angkatan Udara (AAU) 1995 (lulusan terbaik jurusan teknik industri), Sekkau (lulusan terbaik A-75), dan Seskoau (lulusan terbaik A-46).

Otomatis Indan akan mendapat kenaikan pangkat menjadi bintang satu. "Alhamdulillah, mohon bantuan kerja sama dengan media," kata Indan saat dikonfirmasi Republika terkait promosi yang didapatnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar