PILKADA 2020: Cabup Indramayu Daniel Muttaqien Terkonfirmasi Covid-19, Satgas Siapkan 7 Titik Karantina

  Senin, 23 November 2020   Budi Cahyono
Cabup Indramayu, Daniel Muttaqien Syafiuddin dalam video yang menyatakan dirinya terkonfirmasi Covid-19. (dok)

INDRAMAYU, AYOJAKARTA.COM -- Salah satu calon bupati (cabup) Indramayu, Daniel Mutaqien Syafiuddin (39) terkonfirmasi Covid-19. Otoritas penanganan Covid-19 setempat menyiapkan 7 titik karantina, menyusul semakin maraknya warga yang menderita Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) sekaligus juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menjelaskan, Daniel mengalami gejala Covid-19 yang diduga tertular melalui transmisi lokal.

"Ada gejala sedikit berupa pilek, sampai sekarang masih karantina di RSUD Indramayu," katanya.

Penelusuran (tracing) atas kontak erat pasien pun dilakukan pihaknya sebagaimana kriteria kontak erat pada Buku Pedoman Revisi 5 tentang Penanganan Covid-19. Berdasarkan buku pedoman ini, definisi kontak erat merupakan orang yang berada pada 6 kaki atau 1,8 meter dari orang terinfeksi selama waktu kumulatif 15 menit atau lebih dalam durasi 24 jam, dimulai sejak 2 hari sebelum muncul gejala hingga pasien dikarantina.

Sementara, pada pasien tanpa gejala (asimptomatik) dihitung 2 hari sebelum spesimen diperiksa. Namun begitu, pihaknya mengakui, sempat kesulitan dalam proses penelusuran.

"Kami harus mencari pergerakan yang lebih mobile (mobilitas tinggi) dan memilah sesuai definisi kontak erat tersebut," terangnya.

Daniel sendiri terkonfirmasi setelah menjalani tes usap/swab dan pada 21 November 2020 dinyatakan positif oleh Labkesda Dinkes Kabupaten Indramayu. Putra mantan Bupati Indramayu, Irianto MS Syafiuddin itu terkonfirmasi positif dengan hasil CT 16.

AYO BACA : Muncul Klaster Pesantren, Wali Kota Cimahi Minta Setop Kunjungan Orang Tua

Pascapositif, yang bersangkutan langsung menjalani karantina mandiri di RSUD Indramayu. Daniel tak diizinkan beraktivitas apapun yang berhubungan dengan kontak fisik orang lain.

Selain tracing, pihaknya pula telah melakukan disinfeksi terhadap rumah pasien. Dengan kondisi Daniel, sejauh ini total 603 kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu.

Rinciannya, 38 pasien meninggal dunia, 300 masih dalam perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri, dan 265 pasien pulih.

Menyikapi kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu, saat ini Satgas membuka ruang isolasi bagi pasien tanpa gejala (asimtomatik) di 7 titik. Langkah ini dilakukan mengingat karantina mandiri tidaklah efektif.

Satgas salah satunya membuka ruang isolasi di RSUD MIS Krangkeng. Selain itu, terdapat pula 6 titik eks kawedanaan berupa gedung sekolah dan tempat lain yang akan difungsikan sebagai ruang karantina.

"Operasi dengan menegakan disiplin protokol kesehatan yang melibatkan TNI dan Polri kembali kami intensifkan," tegasnya.

Sementara, melalui sebuah video berdurasi 1 menit 2 detik, Daniel membenarkan dirinya terkonfirmasi Covid-19, Sabtu (21/11/2020) malam.

AYO BACA : Bergejala Mirip Covid-19, Rizieq Shihab Tolak Tes Swab dari Pemerintah

Terkait keterlibatannya dalam Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Indramayu, dia pun memint semua relawan maupun simpatisannya untuk tetap semangat.

Pemenangan atas dirinya bersama Taufik Hidayat sebagai calon wakil bupati, dimintanya tetap harus diupayakan di tengah perawatan yang harus dijalaninya. Dia berharap kondisi kesehatannya tak menjadi kendala, bahkan menurunkan semangat para pendukung pasangan calon pilkada (paslonkada) yang didukung Partai Golkar ini.

"Insyaallah saya baik-baik saja dan saya tetap semangat untuk menjaga kesehatan dan segera sembuh dari Covid-19," tuturnya.

Tim Media dan Publikasi Cabup Daniel, Pradesta Bagus memastikan, kesehatan fisik Daniel dalam kondisi baik.

"Tes swab dilakukan rutin selama 2 minggu sekali selama kampanye dan Insha Allah tak menularkan pada masyarakat," ungkap Bagus.

Dia pun meyakinkan, selama kampanye, Daniel menerapkan protokol kesehatan. Pun begitu dengan masyarakat yang menghadiri kegiatannya, wajib mengenakan masker.

Dia juga menegaskan, semua tim yang dekat dengan Daniel dalam keseharian akan pula menjalani tes usap dan karantina mandiri. Dia pun mengharapkan doa bagi kesehatan Daniel dan semua yang terlibat dalam pilkada.

Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Indramayu diagendakan berlangsung 9 Desember 2020. Sebanyak 4 paslonkada terlibat dalam kontestasi itu, masing-masing Muhamad Sholihin-Ratnawati (nomor urut 1) yang diusung PKB, PKS, Partai Demokrat, dan Partai Hanura; Toto Sucartono-Deis Handika (nomir urut 2) dari jalur perseorangan; Daniel Mutaqien Syafiuddin-Taufik Hidayat (nomor urut 3) yang diusung Partai Golkar, Nina Agustina Da'i Bachtiar-Luky Hakim (nomor urut 4) yang diusung PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem.(Erika Lia)

AYO BACA : Staf Positif Covid-19, Kampus ISI Surakarta Ditutup Sementara

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar