--> -->

Menyehatkan Fisik dan Mental, Ini 10 Manfaat Joging

  Minggu, 29 November 2020   Budi Cahyono
[Ilustrasi] Joging mampu meningkatkan kesehatan jantung karena jantung akan memompa darah lebih cepat. (dok)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Tujuan utama joging adalah menjaga kesehatan dan kebugaran pada tubuh. Joging adalah aktivitas lari dengan kecepatan yang stabil dan lambat, sehingga joging termasuk olahraga yang tidak membebani tubuh dan tidak banyak menguras energi agar dapat bertahan untuk waktu yang lebih lama.

Banyak manfaat yang didapatkan dari jogging di antaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem pernapasan, dan mengurangi stres.

Oleh karena itu, joging baiknya dilakukan secara rutin agar tercapainya kesehatan yang maksimal.

Melansir dari Firstory, berikut adalah beberapa manfaat dari joging.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Joging selama 30 menit dapat membakar sekitar 300 kalori. Jogging meningkatkan metabolisme dan lebih efektif daripada sekadar berjalan kaki.

Joging teratur bisa Anda masukan kedalam rangkaian diet sehat Anda. Joging tidak hanya membakar lemak tetapi juga membantu menjaga berat badan.

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang

AYO BACA : 7 Manfaat Susu untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencerahkan Kulit

Keuntungan joging adalah menjaga kesehatan tulang. Joging memperkuat tulang, mencegah cedera tulang, dan mencegah masalah tulang seperti osteoporosis, osteoartritis dan rheumatoid arthritis terutama di bagian tulang pinggul dan tulang belakang.

3.Mengembangkan Otot

Joging membantu otot tubuh Anda menjadi lebih kencang, terutama untuk bagian paha, betis, otot gluteal, dll.

4.Menjaga Pikiran Sehat

Joging memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan mental. Saat Anda joging, tubuh Anda melepaskan hormon yang disebut endorfin yang membantu mengangkat semangat Anda dan membuat Anda merasa positif tentang diri sendiri. Dan itulah mengapa Anda merasa tenang dan segar kembali setelah joging.

5. Baik untuk Jantung

Joging adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah masalah jantung. Saat Anda joging, jantung akan memompa darah lebih cepat, dengan demikian, itu mampu menjaga tekanan darah serta kadar kolesterol dan glukosa darah juga terkendali.

6. Meningkatkan Sistem Pernapasan

AYO BACA : 9 Pengobatan Rumahan untuk Mengurangi Rasa Nyeri di Dada karena Sakit Jantung

Seperti latihan aerobik lainnya, joging meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot-otot sistem pernapasan. Paru-paru mengambil lebih banyak oksigen dan membuang karbondioksida secara efisien. Dengan demikian, joging meningkatkan daya tahan otot pernapasan.

7. Mencegah Infeksi dan Penyakit Menular

Joging dikenal mampu merangsang produksi limfosit dan makrofag yang memerangi infeksi di dalam tubuh. Ini membantu melawan infeksi virus seperti flu dan beberapa infeksi bakteri.

8. Mengurangi Stres Mental

Joging membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres dan ketegangan dan juga membersihkan dari pikiran yang tidak perlu. Joging mampu mengubah sikap dan pandangan menjadi lebih baik.

9. Jogging Memiliki Manfaat Antipenuaan

Manfaat joging untuk kulit adalah agar terlihat lebih segar dan awet muda. Ini karena joging memastikan kulit menerima lebih banyak oksigen dan darah.

10. Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

Joging tidak hanya berdampak pada fisik tetapi juga kesehatan mental. Joging membuat Anda lebih kuat melawan depresi dan stres. (Ariel Teguh Nurahman)

AYO BACA : 5 Alat Kesehatan yang Harus Kamu Miliki di Rumah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar