Depok Sediakan Layanan Periksa HIV Gratis di Seluruh Puskesmas

  Jumat, 04 Desember 2020   Fitria Rahmawati
Kepala Dinkes Kota Depok Novarita/ dok Pemkot Depok via Republika

KOTA DEPOK, AYOJAKARTA.COM - Pemerintah Kota Depok mempermudah masyarakat yang akan menggunakan layanan cek HIV. Meski pandemi masih berlangsung, layanan tersebut tetap buka di seluruh Puskesmas di Depok.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, layanan tersebut juga dibuka untuk tes komprehensif terpadu (KT), infeksi menular seksual (IMS), dan tes inisiatif petugas kesehatan (TIPK) yang berada di 35 puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan.

"Layanan pemeriksaan HIV secara gratis di puskesmas sesuai dengan Peraturan Wali (Perwal) Kota Depok Nomor 49 Tahun 2014," ujar di Balai Kota Depok, Jumat (4/12/2020).

AYO BACA : HARI AIDS SEDUNIA: Pemerintah Klaim Kasus HIV Indonesia Turun 40 Persen

Menurut Novarita, ada pula layanan satelit antiretroviral terapi (ART) di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas, UPTD Puskesmas Cipayung, dan UPTD Puskesmas Cimanggis. Kemudian, layanan pusat terapi rumatan methadon (PTRM) di UPTD Puskesmas Sukmajaya.

Selain itu juga tersedia layanan tes pencegahan penularan ibu dan anak (PPIA) di Puskesmas Pancoran Mas. Lalu, layanan jarum alat suntik steril (LJASS) di Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Kemiri Muka, dan Puskesmas Rangkapan Jaya. 

"Penting untuk memeriksa kesehatan sejak dini," ucap Novarita.

Novarita menambahkann, di Kecamatan Pancoran Mas hingga kini, telah melakukan tes HIV ke-74 ibu hamil bertepatan pada peringatan Hari Aids Se-Dunia yang jatuh setiap 1 Desember.

AYO BACA : Januari-Maret 2020, Ada 397 Kasus Positif HIV/AIDS di Jakarta Timur, Didominasi dari Kramat Jati

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar