UPDATE BANJIR JAKARTA: 4 RT di Jakarta Selatan Sudah Surut, 23 RT di Jakarta Timur Masih Tergenang Banjir

  Senin, 07 Desember 2020   Aini Tartinia
Sebagai Ilustrasi: Suasana banjir di wilayah Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). (Suara.com/Ria Rizki)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat saat ini 23 RT di Ibu Kota masih tergenang banjir hingga pukul 09.00 WIB. Banjir terjadi akibat curah hujan yang lebat mengguyur Jakarta sejak kemarin hingga Kali Ciliwung meluap.

“Update data masih diproses karena data tidak tiap jam, namun update 3 jam berikutnya,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan (PDIK) BPID DKI Jakarta, M Insaf saat dihubungi Ayojakarta, Senin (7/12/2020).

Berdasarkan data BPBD DKI, Insaf memaparkan 4 RT tergenang di wilayah Jakarta Selatan, yakni Kelurahan Pejaten Timur saat ini sudah surut seluruhnya. Kemudian, wilayah Jakarta Timur yaitu wilayah yang paling luas mengalami banjir, saat ini 23 RT masih tergenang air.

Berikut rincian 23 RT di Jakarta Timur yang tergenang banjir:

- Kelurahan Kampung Melayu

Ketinggian 10 cm hingga 30 cm: 6 RT

Ketinggian 31 cm hingga 60 cm: 4 RT

AYO BACA : Harian Covid-19 Kabupaten Bogor Berambah 24 Kasus

Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan kali ciliwung

- Kelurahan Bidara Cina

Ketinggian 10 cm hingga 20 cm: 7 RT

Penyebab: curah hujan tinggi dan luapan kali ciliwung

- Kelurahan Cawang

Ketinggian 31 cm hingga 60 cm: 2 RT

Ketinggian 61 cm hingga 80 cm: 3 RT

AYO BACA : Tak Hanya Hujan, Luapan Kali Ciliwung Menambah Penyebab Genangan di 34 RT di Jaksel dan Jaktim

Penyebab: curah hujan tinggi dan luapan kali ciliwung

Sementara itu, untuk wilayah Jakarta Barat hanya terdapat 1 RT yang tergenang banjir, yaitu Kelurahan Kedoya Utara. Ketinggian air mencapai 10 cm hingga 30 cm dengan penyebab curah hujan tinggi.

Lalu, untuk jalan tergenang di wilayah Ibu Kota berdasarkan data pukul 09.00 WIB ini BPBD DKI menyatakan tidak ada. Kemudian, pos pengungsian dan total pengungsi akibat tergenangnya sejumlah RT di wilayah Jakarta juga dinyatakan tidak ada.

Diketahui, hujan mengguyur wilayah Ibu Kota dan sekitarnya sejak Minggu 6 Desember 2020 malam dan hingga pagi ini, cuaca berawan serta hujan masih turun di beberapa lokasi.

Peringatan tersebut diunggah pada laman media sosial resmi BPBD Jakarta yang menyebutkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa seluruh kecamatan di DKI Jakarta berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, mulai pukul 03.30-06.30 WIB.

"Prediksi berpotensi hujan sedang-lebat pukul 03.30 WIB hingga pukul 06.30 WIB, Senin, 7 Desember 2020," tulis pengumuman tersebut yang dipantau di Jakarta, Senin dini hari.

"Kepada OPD terkait, para camat, dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir Kecamatan," lanjut pengumuman tersebut.

Berdasarkan pengumuman tersebut, seluruh kecamatan di Provinsi DKI Jakarta, terkecuali di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, akan memiliki potensi hujan tersebut.

AYO BACA : Keterpakaian Ruang Rawat Inap & ICU Rumah Sakit Covid-19 di DKI Jakarta Terus Naik Selama November (Update 5 Desember)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar