>

Guru Kurang Tepat Pilih Diksi untuk Soal Ujian SD di Kota Bogor

  Senin, 07 Desember 2020   Husnul Khatimah
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin / dok

KOTA BOGOR, AYOJAKARTA.COM - Seorang guru yang sedang menerita sakit jantung di Kota Bogor kini dalam masa pembinaan oleh sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Bogor. Guru tersebut memberikan soal dengan diksi yang kurang tepat kepada siswa untuk ujian kelas V SD.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin, membenarkan ikhwal tersebut. Saat itu, guru yang sudah mengabdi selama 36 tahun tersebut dalam kondisi sakit sehingga tidak optimal dalam mengecek soal.

Sang guru tengah sakit jantung yang serius dan menunggu jadwal pemasangan ring pada jantungnya, sehingga tidak melakukan penyempurnaan bahasa terhadap soal yang diambil dari buku.

Soal ujian yang diambil oleh guru merupaka soal bersumber dari Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Tahun 2009/2010.

AYO BACA : Tak Patuhi Protokol Kesehatan, 128 Orang Terjaring di Stasiun dan Terminal Cibinong

Soal tersebut, kata dia, adalah soal mata pelajaran PJOK terkait dengan materi kurikulum SD kelas V semester genap pada kompetensi menjaga kebersihan alat reproduksi.

"Soal tersebut dibuat untuk mengukur pengetahuan siswa terkait nama alat-alat reproduksi manusia. Dalam hal ini kekurangan  guru adalah kurang selektif memilih butir soal," katanya Senin (7/11/2020).

Pihaknya juga sudah mengevaluasi dan membina guru yang bersangkutan, termasuk terhadap kepala sekolah dan pengawas pembina yang bertugas di sekolah tersebut agar kejadian ini tidak terulang.

"Yang bersangkutan sudah menjadi guru PNS sejak tahun 1984, sudah 36 tahun mengabdi. Namun baru kali ini merasa bersalah dan mengecewakan banyak pihak karena tidak melakukan penyempurnaan bahasa pada soal yang dipilihnya," terangnya.

Dalam dunia maya voral mengenai soal ujian siswa SD yang menggunakan kata "sperma" untuk pertanyaan mengenai alat reproduksi. Kalimat tersebut dianggap terlalu vulgar oleh orang tua siswa.

AYO BACA : Harga Emas Antam 7 Desember Rp 959 Ribu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar