PILKADA DEPOK 2020: Unggul 34%, Survei Sebut Idris-Imam Menang Tipis di 11 Kecamatan Depok

  Selasa, 08 Desember 2020   Aini Tartinia
Koordinator KSD, Anshari Tarmizi/dok: YouTube Institut Indonesia

DEPOK, AYOJAKARTA.COM – Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Mohammad Idris-Imam berdasarkan kolaborasi survei Komunitas Sahabat Depok (KSD), Center for Indonesian Reform (CIR),dan Viral Consulting, menyebut pasangan nomor urut 2 itu menang di 11 kecamatan di Kota Depok.

Hasil tersebut berdasarkan survei persepsi warga Kota Depok terhadap Pilkada 2020. Disebutkan, pasangan calon Wakil dan Wali Kota Depok Idris-Imam unggul sekitar 34% ketimbang Pradi-Afifah yang hanya mendapatkan suara sekitar 22%.

“Idris-Imam menang tipis. Artinya, tiap kecamatan rata-rata kemenangannya 2% hingga 3%,” ujar Koordinator KSD, Anshari Tarmizi, dalam Diskusi Aktual Pilkada Kota Depok 2020, di YouTube Institut Indonesia, Sabtu (5/12/2020).

AYO BACA : PILKADA DEPOK 2020: Ketum Partai Demokrat dan Mantan Gubernur Jabar Ajak Warga Depok Pilih Idris-Imam

Anshari memperkirakan Pilkada 2020 Kota Depok bakal seru. Pasalnya, selisih perolehan suara antara pasangan nomor urut 01 Pradi-Afifah dan pasangan nomor urut 2 Idris-Imam terpaut tidak cukup jauh.

Menurutnya, massa mengambang masih cukup tinggi, karena ada potensi 44% suara yang belum menentukan pilihan dan merahasiakan pilihan untuk dapat diperebutkan.

“Sementara itu, 25% responden menyatakan belum menentukan pilihan dan 19% responden merahasiakan pilihan,” kata Anshari.

AYO BACA : PILKADA DEPOK 2020: 4.049 Kotak Suara Sudah Didistribusikan ke Setiap Kecamatan

Di kesempatan yang sama, Peneliti Politik CIR, Subhan Akbar menjelaskan beberapa faktor Idris-Imam lebih unggul, yakni salah satunya karena militansi partai pendukung pasangan calon nomor urut 2 tersebut. Ia menuturkan, para PKS terkenal loyal, sistematis,dan simpatik.

“Jaring komunikasi mereka tertata rapi dan memiliki garis komando yang solid. Apapun keputusan pimpinan (PKS), bakal diikuti oleh para kader,” ucap Subhan.

Selain itu, partai pendukung lainnya seperti Demokrat, PPP, dan Partai Berkarya juga turut andil mendorong Idris-Imam untuk maju jadi Wakil dan Wali Kota Depok 2021-2026. Apalagi, beredar video Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono yang mengajak warga Depok untuk mencoblos Idris-Imam pada Rabu besok.

“Ini dapat mempengaruhi masyarakat yang belum menentukan pilihan, bisa jadi akan memilih Idris-Imam,” katanya.

Diketahui, hasil survei tersebut dilakukan pada 1 Desember 2020 hingga 3 Desember 2020 dengan target responden yang terdaftar dalam DPT Pilkada Depok 2020. Untuk metodologi survei dengan penentuan jumlah responden menggunakan Krejcie-Morgan dengan margin of error 3.097% dan tingkat kepercayaan 95%.

Dari 1.000 sampel tersedia, diperoleh secara acak 793 responden melalui two stage systematic proportional to size sampling. Respon rate dalam pelaksanaan survei kali ini sebesar 92.6%

AYO BACA : 1.098 Personel Gabungan Siap Amankan Pilkada Depok

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar