--> -->

Selesai Dibangun, Wagub DKI Ariza Klaim Kolam Retensi Efektif Cegah Banjir

  Kamis, 10 Desember 2020   Aini Tartinia
Ariza mengunggah video kombinasi pembangunan kolam retensi dan sumur resapan di Jakarta Pusat/dok: Instagram @bangariza

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengunggah video kombinasi kolam retensi dan sumur resapan di akun Instagramnya.

Kombinasi kolam dan sumur resapan yang berada di Jalan Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang dinilai Ariza cukup efektif mencegah banjir.

Dalam video berdurasi dua menit yang diunggah akun @bangaria itu memperlihatkan fungsi kolam retensi kombinasi sumur resapan saat hujan tiba. Air yang masuk ke kolam langsung terserap sumur resapan.

AYO BACA : Inget Ya Gaess, Gak Ada Perayaan Acara Tahun Baru di Jekardah!

Kombinasi kolam retensi dan sumur resapan yang dibangun Sudin Sumber Daya Air Jakarta Pusat cukup efektif mencegah terjadinya genangan saat hujan di Jalan Ahmad Yani (depan kompleks Patra), Cempaka Putih, Minggu (6 Desember),” tulis Ariza dalam keterangan video tersebut, Rabu (8/12/2020).

Sebelumnya, kata Ariza, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, semua upaya yang sudah dilakukan akan diuji efektivitasnya pada saat hujan turun.

"Semoga Jakarta Pusat bisa bebas dari genangan pada saat musim hujan nanti, ya, Sohib Jakpus," ujarnya.

AYO BACA : Keren! Potret Baru Halte Senen di Instagram Anies Baswedan

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Irwandi menyebut, kegiatan penanganan antisipasi banjir di sejumlah lokasi rawan rampung dikerjakan. Progres seluruhnya sudah 90%.

Ia memaparkan, pada lokasi rawan banjir di wilayah Kecamatan Johar Baru pihaknya  telah merampungkan pengerukan endapan lumpur dan sampah dari saluran mulai dari hulu hingga hilir. 

Selain itu, lanjut Irwandi, Pemkot Jakpus juga telah menyelesaikan pembuatan kolam olakan dan sumur resistensi pada sejumlah lokasi rawan banjir di Kecamatan Cempaka Putih, Tanah Abang dan Gambir.

Ia menambahkan, pihaknya juga  akan mengaktifkan kembali keterlibatan warga untuk berperan serta dalam rangka  penanganan antisipasi banjir. 

"Peran serta warga kembali diaktifkan untuk menggelar kerja bakti bersama," kata Irwandi, dikutip beritajakarta.id, Selasa (1/12/2020).

AYO BACA : Zona Merah Covid-19 DKI Jakarta Melambung, Ada Apa dengan Ibu Kota?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar