Rizieq Ajukan Penangguhan Penahanan, Waketum Partai Gerindra Akan Beri Jaminan

  Senin, 14 Desember 2020   Fitria Rahmawati
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman/ Republika

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Tim kuasa hukum imam besar FPI, Muhammad Rizieq Shihab (MRS) mengatakan akan mengajukan penangguhan penahanan serta prapradilan terhadap kasus yang menimpa MRS. Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, yang akan menjamin bahwa MRS tak akan melarikan diri.diri.

"Saya bersedia menjamin penangguhan penahanan beliau," ujar Habiburokhman lewat akun Twitternya yang sudah dikonfirmasi, Minggu (13/12/2020).

AYO BACA : Rekonstruksi Penembakan FPI VS Polisi di Tol Japek, 58 Adegan Diperagakan

Penahanan yang dilakukan kepada MRS dilakukan lantaran pihak kepolisian tak ingin MRS kabur, hingga menghilangkan barang bukti. Namun, kemungkinan itu dibantah Habiburokhman.

"Pak Kapolri yang baik, ini di luar konteks substansi perkara kerumunan dan diluar konteks politik apapun. Saya yakin Habib Rizieq tidak akan melarikan diri," ujar Habiburokhman.

AYO BACA : Penahanan MRS Jadi Kontroversi, Buya Anwar Pertanyakan Keadilan

Penyidik Polda Metro Jaya menahan tersangka pelanggaran protokol kesehatan M Rizieq Shihab usai menjalani pemeriksaan selama 12 jam, Sabtu (12/12/2020). Penyidik menahan Rizieq di Rumah Tahanan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya hingga 31 Desember 2020.

"Tersangka menjalani penahanan mulai 12 Desember hingga 20 hari ke depan," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020) dini hari.

Argo menambahkan penyidik memiliki pertimbangan objektif dan subjektif terkait penahanan terhadap Rizieq, antara lain hukuman lebih dari lima tahun, agar tidak menghilangkan barang bukti, tidak melarikan diri, serta tidak melakukan tindak pidana yang sama.

Penyidik Polda Metro Jaya mencecar tersangka pelanggaran protokol kesehatan Habib Rizieq Shihab dengan 84 pertanyaan dalam pemeriksaan yang berlangsung selama 11 jam. 

"Di dalam pemeriksaan penyidik memberikan 84 pertanyaan yang ditanyakan kepada tersangka MRS mulai pukul 11.30 WIB dan tadi selesai pukul 22.00 WIB," katanya.

AYO BACA : Pesan ke Shabri Lubis Cs, Polisi: Ada Dua Opsi, Serahkan Diri atau Kami Tangkap!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar