--> -->

Payungi Lembaga Pengelola Investasi, Pemerintah Terbitkan Dua PP

  Jumat, 18 Desember 2020   Aini Tartinia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (dok)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Untuk mengatasi tantangan pembiayaan pembangunan di Indonesia, pemerintah menerbitkan dua aturan turunan UU Cipta Kerja, yakni Peraturan Pemerintah No.73 Tahun 2020 tentang Modal Awal Lembaga Pengelola Investasi dan Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, kedua Peraturan Pemerintah ini bertujuan untuk menjawab tantangan struktural dari sisi investasi. Sebab, kapasitas pembiayaan dalam negeri belum cukup untuk mendanai pembangunan ekonomi ke depan.

AYO BACA : Soal Swab Antigen, PT KAI Masih Menunggu dari Pemerintah

“Lembaga Pengelola Investasi (LPI) akan mengelola dana investasi dari luar negeri dan dalam negeri sebagai sumber pembiayaan alternatif dan sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap dana jangka pendek”, kata Airlangga, dalam keterangan tertulis, Kamis (17/12/2020).

LPI merupakan Badan Hukum Indonesia yang sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Lembaga bertanggung jawab kepada Presiden. "LPI bertujuan meningkatkan dan mengoptimalkan nilai investasi yang dikelola secara jangka panjang dalam rangka mendukung pembangunan secara berkelanjutan," ujarnya.

AYO BACA : Jika Aksi 1812 Tetap Berlangsung, Polda Metro Jaya Menggelar Operasi Kemanusiaan

LPI berwenang menempatkan dana dalam instrumen keuangan, menjalankan pengelolaan aset, dan melakukan kerja sama dengan pihak lain. LPI juga diizinkan menentukan calon mitra investasi, memberi serta menerima pinjaman, dan menatausahakan aset.

Pemenuhan modal LPI secara bertahap akan dilakukan hingga mencapai Rp75 triliun atau setara dengan 5 miliar dolar AS pada tahun 2021, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2020.

Aturan ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 14 Desember 2020. Aturan berlaku sejak diundangkan.

AYO BACA : Mulai Hari Ini hingga 8 Januari Jadwal Operasional Transjakarta Berubah! Catat Jamnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar