--> -->

Dorong UMKM, Bank Syariah Indonesia Proyeksikan 23% Penyaluran Pembiayaan

  Jumat, 18 Desember 2020   Aini Tartinia
Konferensi pers penandatanganan Akta penggabungan 3 Bank Syariah milik Himbara (dok BSI)

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Dalam rangka mendorong dan mengembangkan UMKM Indonesia, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk, bank baru hasil merger beberapa bank BUMN syariah bakal memproyeksikan penyaluran pembiayaan UMKM sebesar 23% dari total pembiayaan pada 2021.

Direktur BRI Syariah Tbk, Negatari mengatakan, dalam Rancangan Penggabungan yang sudah dipublikasikan, komitmen dukungan Bank Hasil Penggabungan (BHP) kepada UMKM telah jelas tercantum.

AYO BACA : Jelang Nataru 2020, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah Antisipasi Peningkatan Konsumsi BBM dan LPG

“Bank Hasil Penggabungan akan terus beri dukungan kepada para pelaku UMKM, di antaranya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan melalui produk serta layanan keuangan syariah yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, baik secara langsung maupun sinergi dengan bank-bank Himbara dan Pemerintah Indonesia,” ujar Ngatari dalam keterangan tertulis, Kamis (17/12/2020).

BSI, lanjut Ngatari, telah merumuskan strategi khusus untuk mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia yang sehat dengan memanfaatkan teknologi digital.

AYO BACA : Masa Berlaku 6 Uang Kertas Ini Tinggal 10 Hari Lagi! Buruan Tukar, Simak Caranya!

Selain itu, bank hasil penggabungan ini siap berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), serta organisasi masyarakat lainnya dalam memajukan pelaku UMKM.

“Dukungan untuk UMKM tidak akan kendor, karena mereka tulang punggung perekonomian nasional. BSI akan jadi bagian ekosistem dan sinergi pemberdayaan pelaku UMKM, mulai dari fase pemberdayaan hingga penyaluran KUR syariah,” ucapnya.

“Untuk menjangkau pelaku UMKM hingga pelosok, kami akan kerja sama dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan di seluruh Indonesia untuk mencapai proyeksi dana disalurkan bagi UMKM mencapai Rp53,83 triliun,” imbuhnya.

Hingga September lalu, nilai total pembiayaan UMKM yang dimiliki ketiga bank syariah Himbara mencapai Rp36,36 triliun. Jumlah itu terdiri dari pembiayaan UMKM milik PT Bank BRI Syariah Tbk sebesar Rp18,7 triliun, PT Bank Syariah Mandiri Rp11,67 triliun, dan PT Bank BNI Syariah Rp5,99 triliun.

AYO BACA : bank bjb Serahkan Dukungan Program Bantuan kepada BNPB

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar