50 Negara Tutup 'Pintu Langit' untuk Inggris

  Selasa, 29 Desember 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi wabah virus corona/ shutterstock

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Sebanyak 50 negara menutup 'pintu langit' mereka dari negara Inggris. Itu lantaran ditemukan strain baru virus corona yang dinamakan SARS-Cov-2 VUI 202012/01. Bahkan kini kabarnya virus tersebut sudah dideteksi di Korea Selatan.

Strain yang disebut 70% lebih menular ini telah dikonfirmasi muncul di Korea Selatan. Hal ini dinyatakan oleh otoritas kesehatan setempat pada Senin (28/12/2020).

Melansir dari Medicalxpress, ada tiga orang yang telah dikonfirmasi tertular Covid-19 dengan strain baru. Ketiga orang tersebut merupakan anggota keluarga yang berbasis di London dan tiba di Korea Selatan pada 22 Desember.

AYO BACA : Antisipasi Varian Baru Corona, Penerbangan dari Inggris Dilarang di Indonesia

"Mereka telah ditempatkan di ruang isolasi sejak dinyatakan positif Covid-19 pada saat kedatangan," catat pihak Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA).

Strain baru virus muncul awal Desember di Inggris dan telah menjangkau beberapa negara Eropa, serta Kanada, Yordania dan Jepang.

Dengan kemampuannya yang lebih mudah menular, setidaknya lebih dari 50 negara telah melakukan pembatasan dari Inggris. Pembatasan tersebut juga dilakukan di Indonesia.

Korea Selatan juga telah melarang penerbangan dari Inggris hingga 7 Januari. Selain itu, negara mewajibkan akan mewajibkan penumpang yang bepergian dari Inggris atau Afrika Selatan untuk menyerahkan hasil tes Covid-19 negatif sebelum keberangkatan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar