>

Pendakian Gunung Semeru Ditutup hingga Maret 2021, 4.736 Pendaki Lakukan Jadwal Ulang

  Rabu, 30 Desember 2020   Budi Cahyono
[ILUSTRASI] Pendakian di Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur, ditutup total hingga 31 Maret 2021. (dok)

MALANG, AYOJAKARTA.COM – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menutup aktivitas pendakian Gunung Semeru mulai Rabu (30/12/2020). Penutupan akitvitas pendakian ke Gunung  Semeru akan berlangsung hingga Maret 2021 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar TNBTS, R Agus Budi Sentosa mengatakan, keputusan penutupan aktivitas pendakian dilakukan atas sejumlah pertimbangan. Salah satunya kondisi klimatologi peningkatan intensitas curah hujan beberapa waktu terakhir.

"Dan kemungkinan terjadinya badai sebagaimana yang diperkirakan oleh Stasiun Klimatologi Karangploso Malang BMKG," ujarnya, Rabu (30/12/2020).

Selain itu, lanjut dia, penutupan juga bertujuan untuk melakukan pemulihan atau revitalisasi ekosistem di gunung berketinggian 3.676 Mdpl tersebut. Khususnya untuk menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.

Ia menambahkan, ada ribuan calon pendaki terdampak akibat penutupan tersebut. Terutama yang sudah memesan tiket masuk secara online atau booking online.

"Untuk pendaki yang harus melakukan reschedule sejumlah 4.736 orang," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar