>

Transportasi Massal, Menhub Apresiasi Program Jaketbus Pemprov DKI

  Kamis, 31 Desember 2020   Budi Cahyono
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (dok)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Pemprov DKI Jakarta meresmikan Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) atau sistem tiket elektronik di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Kamis (31/12/2020).

E-ticketing tersebut dihadirkan untuk mempermudah pengguna transportasi massal sekaligus sebagai suatu upaya menekan penyebaran Covid-19.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai Jaketbus menjadi pencapaian bagus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia berharap dengan fasilitas tersebut, masyarakat bisa lebih nyaman menggunakan transportasi umum.

Angkutan massal jarak jauh yang bagus relatif terjangkau salah satunya bus. "Bus biasanya sudah terkoneksi dengan bus kota, KRL, dan sebagainya, sehingga orang dari rumah bisa ke tujuan akhir tanpa susah-susah karena ada antarmodanya," kata Budi.

Dia meminta kolaborasi terciptanya fasilitas berbasis digital tersebut bisa berkelanjutan. Dia juga berharap e-ticketing seperti ini bisa terwujud tidak hanya di Jakarta tapi juga di wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Budi menugaskan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub untuk melaksanakan ini bukan saja di Jakarta tapi di seluruh Indonesia. Karena dengan e-ticketing, konsolidasi dengan sistem pembayaran menjadi efisien.

"Risiko di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini juga bisa dikurangi karena tidak ada kontak fisik langsung," ucap Budi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza mengungkapkan, aplikasi tersebut sangat membantu masyarakat dengan kemudahan yang dihadirkan lewat layanan transaksi digital.

Terobosan ini juga dinilai mampu mengubah kebiasaan calon penumpang untuk menggunakan transaksi dari tunai menjadi nontunai.

Selain itu, sistem e-ticketing, Ariza nilai dapat meminimalisasi aktivitas calo tiket maupun pungli yang selama ini meresahkan. Baik dari pihak pengelola transportasi maupun penumpang.

"Kita berharap kemajuan teknologi ini melahirkan terobosan yang memudahkan transportasi massal. Kami terus mendukung pemerintahan pusat dalam memajukan layanan transportasi agar terus bersinergi dengan baik," kata Ariza.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar