--> -->

Pergantian Tahun di Jakarta, Wagub: Kondisi Cukup Terkendali

  Jumat, 01 Januari 2021   Budi Cahyono
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Foto: Republika/Flori Sidebang

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Suasana pergantian tahun baru di DKI Jakarta tahun ini terlihat sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Suasana kota relatif sepi dari euforia kemeriahan pergantian tahun.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza mengatakan, kondisi pergantian malam tahun baru 2020-2021 di Jakarta, cukup terkendali. Menurut pengamatannya, Seruan Gubernur (Sergub) tentang larangan bereuforia merayakan malam tahun baru telah terimplementasikan dengan baik.

“Alhamdulillah malam ini berhasil tidak ada kerumunan dan aktivitas sebagaimana malam tahun baru sebelumnya. Seluruh jajaran melakukan pemantauan dengan baik, tidak ada kegiatan yang luar biasa yang menonjol,” kata Ariza saat melakukan peninjauan di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (31/12) malam.

AYO BACA : Anies Dapat Penghargaan Gubernur Inspirasi Indonesia dari Masyarakat Betawi

Ariza menuturkan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), bersama dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya  telah menerjunkan hingga 6.000 personel untuk melakukan pengamanan, pengawasan, serta penindakan di seantero Jakarta. Seluruh personel dikerahkan untuk turut mengawasi adanya aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Sementara itu, disinggung adanya aktivitas perayaan malam tahun baru di klaster keluarga, Ariza menuturkan, satuan tugas (satgas) di tingkat kota, kelurahan, bahkan hingga RT dan RW yang bekerja melakukan pengawasan.

Pengawasan itu, kata dia, semakin diperkuat dengan adanya kampung siaga di seluruh RT dan RW di Jakarta.

AYO BACA : Awal Tahun, Cuaca Jakarta Diprediksi Hujan Disertai Kilat

Sekalipun ada perayaan di klaster keluarga, semisal pesta kembang api, Ariza menyebut aparat keamanan akan segera mengecek dan melakukan penindakan.

“Apabila melihat (aktivitas perayaan) di foto dan divideo, sampaikan kepada kami, bukti foto dan video menjadi alat yang cukup bagi kami untuk mengecek memberikan sanksi,” tuturnya.

Mengawali tahun 2021, Ariza mengajak masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jakarta dengan cara menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dia berharap di tahun baru ini, masyarakat terus optimistis dan tetap menjaga kewaspadaan.

“Mari kita isi 2021 dengan penuh kegembiraan dan optimisme terus bekerja keras,” kata dia.

AYO BACA : Gelar Pesta Pergantian Tahun, Bar di Sudirman Disegel

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar