>

Kasus Pertama di Florida, Pria Usia 23 Tahun Terjangkit Strain Baru Virus Corona

  Senin, 04 Januari 2021   Budi Cahyono
ilustrasi varian baru corona/ shutterstock

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Pandemi Covid-19 belum berakhir, kini muncul mutase baru virus corona yang menimbulkan kekhawatiran dunia. Mutasi virus corona Covid-19 ini pun diduga telah menyebabkan lonjakan kasus di Inggris.

Kini, seorang pria usia 23 tahun asal Florida menjadi orang pertama di negara bagian itu yang positif terinfeksi strain baru virus corona Covid-19 dan lebih menular.

Munculnya strain baru virus corona Covid-19 di Martin County, Florida ini pertama kali ditemukan Kamis, melalui pengambilan sampel acak dari tes virus corona Covid-19 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

AYO BACA : Varian Baru Virus Corona, WHO: Mengandung 23 Mutasi dan Mudah Menular

CDC pun sekarang bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Florida untuk memeriksa lebih banyak kasus virus corona di daerah tersebut.

Selain itu, kerjasama mereka juga menentukan seberapa luas strain baru virus corona Covid-19 ini telah menyebar di negara bagian tersebut.

Menurut Carol Ann Vitani, pejabat kesehatan Martin County dilansir dari Fox News, belum diketahui jelas kapan pria 23 tahun itu dinyatakan positif terinfeksi strain baru virus corona.

AYO BACA : Ada Virus Corona Varian Baru, Ini Penjelasan Menristek

Tapi, pasien sangat kooperatif dalam mengatasi dan mencegah penyebaran strain baru virus corona sejak dinyatakan positif. Ia juga mematuhi protokol kesehatan virus corona Covid-19 yang telah ditetapkan.

Di sisi lain, orang itu juga tidak menunjukkan gejala khas virus corona dan tidak berpergian ke luar daerah atau luar negeri baru-baru ini.

Perlu dipahami bahwa mutasi virus merupakan perubahan sifat genetik atau struktur virus, yang terjadi saat virus berkembang biak di dalam sel tubuh inangnya.

Mutasi virus corona ini memiliki daya infeksi 10 kali lipat pada sel kultur, virus lebih bertahan di tubuh manusia dan virus menyebar 20 persen lebih cepat antarmanusia.

AYO BACA : Peneliti Sebut Vaksin Covid-19 Saat Masih Sesuai Meski Virus Bermutasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar