--> -->

Alhamdulillah.. Pantauan Dinas KPKP DKI: 10 Pasar di Jakarta Tak Ditemukan Cabai Rawit Dicat Merah

  Senin, 04 Januari 2021   Aini Tartinia
Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKPKP DKI, Suharini Eliawati/dok: beritajakarta.id

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta melaksanakan pemantauan untuk mengantisipasi beredarnya pemalsuan cabai rawit merah di Jawa Tengah beberapa waktu lalu. 

"Beredarnya temuan cabai rawit merah hasil pewarnaan dengan cat telah menimbulkan keresahan di masyarakat sehingga kita berinisiatif untuk melakukan pemantauan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKPKP DKI, Suharini Eliawati dilansir beritajakarta.id, Minggu (3/1/2021). 

AYO BACA : Fenomena Cabai Dicat Merah, Pemprov DKI Jakarta Klaim Cabai di Wilayahnya Aman

Elly, sapaan akrab Suharini menyebutkan, pemantauan telah dilakukan sejak Sabtu 2 Januari 2021 di 10 pasar yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Kesepuluh pasar itu di antaranya, Pasar Tomang Barat, Pasar Ganefo, Pasar Laris, Pom Pengumben, Pasar Kalideres, Pasar Klender, Pasar Cempaka Putih, Pasar Johar Baru dan Pasar Minggu. 

AYO BACA : PJJ Tetap Berlaku di Semester Genap TA 2020-2021, Begini Ragam Keluhan Warganet DKI

Pemantauan dengan mengerahkan petugas di setiap Suku Dinas KPKP yang ada di enam kota administrasi DKI Jakarta.

"Pantauan dilakukan setiap hari oleh Sudin KPKP wilayah," ujarnya.

Dalam pemantauan tersebut petugas melakukan pengambilan sampel cabai rawit merah yang ada di sejumlah pasar, termasuk pasar tradisional.  Petugas melakukan pengamatan dan pemeriksaan fisik terhadap cabai rawit merah yang diambil sampelnya.

"Sampel yang diambil kami siram dan celupkan cairan thinner untuk membuktikan adanya pewarna cat atau tidak. Dan hasilnya semua sampel tidak ada yang luntur, artinya warna alami," ungkapnya.

"Jika warga ada yang merasa ragu dengan pangan yang dibelinya, dapat hubungi petugas Satlak KPKP di kecamatan," tandasnya.

AYO BACA : Semester Genap 2021 Siswa Tetap Belajar di Rumah: Disiapkan Blended Learning & Laman Siap Belajar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar