--> -->

JADWAL VAKSINASI COVID-19: Tahap Pertama 10.185 Vaksin di Kabupaten Bogor untuk Nakes

  Kamis, 07 Januari 2021   Budi Cahyono
Vaksin (ilustrasi) Foto: AP Photo/LM Otero

BOGOR, AYOJAKARTA.COM – Vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Bogor pada tahap pertama sejumlah 10.185 vaksin akan didistribusikan untuk tenaga kesehatan (nakes).

 “Nakes dulu ya, yang lebih penting. Semua nakes, kan di kita (Kabupaten Bogor) ada lebih dari 10 ribu (orang),” kata Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin, Rabu (6/1).

Ade Yasin mengatakan, pemberian vaksin diprioritaskan untuk para nakes karena mereka adalah garda terdepan dalam menangani Covid-19. Setelah diberikan pada nakes, nantinya vaksinasi gelombang berikutnya bisa dilanjutkan pada bidang pekerjaan lain. Terutama mereka yang paling banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Sebagai garda terdepan, itu (nakes) sangat penting untuk divaksinasi. Setelah itu kita bisa ke yang lain, ke pegawai, TNI, Polri, dan lain-lain,” tuturnya.

Selain itu, Ade Yasin memastikan para nakes yang akan menerima vaksin pada rentang waktu 14 hingga 22 Januari 2021 nanti, sudah bersedia untuk divaksinasi. Sebab, para nakes sudah pasti tahu risikonya.

Apalagi, lanjutnya, vaksin Covid-19 dari pemeritnah pusat ini aman dan bisa diberikan pada siapapun yang sudah memenuhi syaratnya. Di samping itu, Ade Yasin mengaku dirinya tidak keberatan jika harus divaksinasi juga nantinya.

“Kalau saya sih boleh saja, saya enggak apa-apa divaksin juga. Tapi kan nakesnya kasihan, mereka garda terdepan. Kalau saya enggak keberatan, saya yakin aman,” ungkapnya.

Sementara itu, Ade Yasin telah mengimbau anggota Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor untuk mendistribusikan vaksin setelah tiba nanti, secara serentak di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang sudah disiapkan.

Diketahui, di Kabupaten Bogor sendiri telah disiapkan 121 Puskesmas, tujuh klinik, empat rumah sakit umum daerah, tujuh rumah sakit swasta, dua Rumah Sakit Gunawan dan ATS sebagai tempat pendistribusian vaksin.

“Fasyankes sudah siap, nanti simulasi. Rencana perdana vaksinasi akan bersama-sama serentak. Tidak di satu tempat karena kan kerumunan nanti,” ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar