>

Abu Bakar Ba’asyir Bebas: Dikawal 4 Mobil Menuju Sukoharjo

  Jumat, 08 Januari 2021   Budi Cahyono
Abu Bakar Baasyir Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

BOGOR, AYOJAKARTA.COM – Pengasuh Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Abu Bakar Ba’asyir resmi telah menghirup udara bebas, Jumat (8/1/2021). Abu Bakar Baasyir  merupakan terpidana kasus terorisme.

Ba’asyir keluar dari penjara Lapas Gunung Sindur pukul 05.21 WIB. Dia bersama rombongan langsung menuju ke Sukoharjo mengendarai mobil Hyundai pelat AD-1130-WA.

AYO BACA : Pengamat Teroris Menilai Pengaruh Abu Bakar Ba'asyir Sudah Lemah

Dalam perjalanannya, Abu Bakar Baasyir dikawal 4 mobil. Termasuk ambulans. Setelah bebas, Baasyir bakal menjalani program deradikalisasi terlebih dahulu didampingi oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sebelumnya, Juru bicara BNPT Eddy Hartono mengatakan program deradikalisasi tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah nomor 77 Tahun 2019. Deradikalisasi tersebut dilakukan kepada pihak yang terpapar paham radikal.

AYO BACA : Jelang Abu Bakar Bakar Ba’asyir Bebas: Tim Gabungan Amankan Pintu Masuk Sukoharjo

"Deradikalisasi ini dilaksanakan kepada tersangka, terdakwa, terpidana, narapidana, mantan narapidana, dan orang atau kelompok yang sudah terpapar paham radikal terorisme," kata Eddy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/1/2021).

Eddy menuturkan bahwa BNPT telah berkomunikasi dengan Baasyir maupun pihak keluarganya. Selain itu BNPT juga bakal bekerja sama dengan stakeholder terkait demi kelancaran jalannya program deradikalisasi seperti lembaga pemasyarakatan (Lapas), Polri, dan Departemen Agama.

"Sehingga, program deradikalisasi ini yaitu memberikan wawasan kebangsaan, wawasan keagamaan, dan bahkan kewirausahaan yang dapat dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

AYO BACA : Abu Bakar Ba’asyir Bebas: Kembali ke Masyarakat, Ba’asyir Ikuti Program Deradikalisasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar