>

Sidak ke Lotte Mart Kelapa Gading, Petugas Gabungan Pastikan Pangan Aman dari Bahan Berbahaya

  Minggu, 10 Januari 2021   Aini Tartinia
Petugas gabungan sidak ke pasar swalayan Lotte Mart Kelapa Gading/dok: utara.jakarta.go.id

KELAPA GADING, AYOJAKARTA.COM – Petugas gabungan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar swalayan Lotte Mart Kelapa Gading.

Lotte Mart Kelapa Gading menjadi lokasi kegiatan awal tahun 2021 dalam pengawasan bahan pangan yang dilaksanakan jajaran Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan BPOM DKI Jakarta.

AYO BACA : Dinas Sosial DKI Perketat Pengawasan di Sudirman - Thamrin

"Ada 82 produk pangan segar dan 26 sampel pangan olahan yang dijadikan bahan uji laboratorium. Hasil dari pengujian sampel bahan pangan itu dinyatakan bahwa 100 persen negatif atau aman dari bahan berbahaya seperti formalin, residu pestisida dan chlorin," kata Plt Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati dilansir utara.jakarta.go.id, Jumat (8/1/2021).

Dalam proses pengujian sampel bahan pangan disiapkan tiga mobil laboratorium pangan segar hasil pertanian, perikanan dan peternakan dengan enam petugas. Kemudian satu unit mobil laboratorium BPOM DKI Jakarta dengan enam petugas.

AYO BACA : Selain Kena Sanksi, Pelanggar Protokol Kesehatan di Kalisari Jaktim Jalani Swab Test Antigen

"Tahun ini, kita akan rutin melaksanakan kegiatan pengawasan bahan pangan di pasar swalayan, pasar tradisional, sentra produksi dan penjualan pangan online," ujarnya.

Menanggapi hasil pengujian bahan pangan di Pasar Swalayan Lotte Mart Kelapa Gading yang telah dinyatakan 100 persen negatif dari sejumlah bahan berbahaya.

Walikota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengatakan, kalau saat ini dilakukan di pasar swalayan modern nanti akan mengarah ke pasar-pasar milik PD Pasar Jaya sehingga semua bahan pangan di Jakarta Utara akan layak konsumsi.

"Ini menjadi sebuah gerakan dalam meningkatkan pengawasan kualitas bahan pangan karena tubuh yang sehat berawal dari makanan yang sehat," jelasnya.

AYO BACA : Yang Boleh & Tidak Boleh Selama PSBB Ketat di DKI sampai 25 Januari

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar