>

VAKSINASI COVID-19: Ketua IDI Minta Dokter dan Nakes Jadi yang Pertama Divaksin

  Senin, 11 Januari 2021   Budi Cahyono
Ilustrasi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM – Setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) memberikan izin penggunaan darurat vaksinasi Covid-19, diharapkan dokter dan tenaga kesehatan (nakes) tidak ada keraguan lagi untuk mengikuti program vaksinasi.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng . Faqih meminta semua dokter dan nakes di Indonesia mau menjadi kelompok pertama disuntik vaksin Covid-19 yang sudah tersedia yakni vaksin CoronaVac buatan Sinovac, China.

AYO BACA : Komisi Fatwa MUI: Vaksin Covid-19 Produksi Sinovac Hukumnya Suci & Halal

Daeng menyebut pihaknya sedang melakukan survei internal di lembaga riset IDI bersamaan dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi.

"Tujuan akhirnya adalah menyadarkan dokter untuk ikut vaksinasi pada tahap pertama. Selain itu, ketika saat pelaksanaan vaksinasi di masyarakat nanti, tenaga kesehatan bisa ikut berpartisipasi untuk menyukseskannya,” kata Daeng dalam keterangannya, Senin (11/1/2021).

AYO BACA : Jadwal Vaksinasi Covid-19, Jubir Kemenkes: Vaksinasi Tanggal 13 Hanya Perkiraan, Bukan Tanggal Pasti

Menurut Daeng, bahwa pelaksanaan vaksinasi ini perlu rule model dari pimpinan dan tokoh publik supaya masyarakat semakin percaya dan tidak ragu.

"IDI sejak awal menyampaikan, setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) memberikan izin penggunaan darurat, IDI akan memberikan contoh untuk menjadi yang pertama divaksin," ucapnya.

Menurutnya, para tenaga kesehatan tidak perlu ragu lagi dengan program vaksinasi sebab mereka juga sudah bersinggungan dengan vaksinasi sehari-harinya.

“Oleh karena itu, tenaga kesehatan seharusnya tidak perlu mempermasalahkan vaksinasi. Koridor yang perlu dijaga adalah keamanan dan efektivitasnya dan itu akan dijawab oleh hasil laporan uji klinik yang dilakukan serta izin penggunaan darurat yang akan dikeluarkan Badan POM,” tutup Daeng.

AYO BACA : Penyuntikan Perdana Vaksin Covid-19 Dilakukan 13 Januari. Siapa yang Pertama Disuntik? Ini Orangnya!

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar