Nyeri Sendi hingga Sakit Kepala, Ini Efek Samping Vaksin Sinovac

  Rabu, 13 Januari 2021   Aini Tartinia
Vaksin (ilustrasi)

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah dimulai sejak hari ini dengan penyuntikan pertama kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan RI, Jakarta Pusat.

Nah, sobat Ayojakarta perlu tahu nih, bagi yang sudah disuntik vaksin Covid-19 disarankan untuk tidak langsung pulang ke rumah atau melanjutkan aktivitas. Loh, kenapa bisa begitu?

Menurut petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, bagi yang sudah divaksin disarankan untuk menunggu terlebih dahulu di fasilitas kesehatan.

AYO BACA : VAKSINASI PERDANA COVID-19: Jokowi Sebut Vaksinasi Berlanjut hingga Tingkat Kabupaten dan Kota di 34 Provinsi

Dikutip dari unggahan akun Instagram @kemenkominfo pada Selasa, 12 Januari 2021, sobat Ayojakarta disarankan untuk menunggu setidaknya hingga 30 menit untuk mengantisipasi terjadinya KIPI (efek samping).

"Vaksin Covid-19 secara umum tidak menimbulkan efek samping, namun apabila terjadi biasanya hanya reaksi ringan," tulis akun Instagram @kemenkominfo.

Biasanya terdapat beberapa reaksi yang ditimbulkan, seperti:

AYO BACA : Jadi Vaksinator Perdana, Dokter Abdul Muthalib Mengaku Grogi

1. Reaksi Lokal
Nyeri, kemerahan, bengkak

2. Reaksi Sistemik
Demam, nyeri otot, nyeri sendi, badan lemas, dan sakit kepala.

3. Reaksi Lain
Alergi, urtikaria, anafilaksis, dan syncope (pingsan).

Petugas kesehatan akan segara memberikan penanganan apabila muncul efek samping seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jika mengalami reaksi lokal maka penerima vaksin diajurkan untuk melakukan kompres dingin dan minum paracetamol.

Tetapi jika mengalami reaksi sistemik, penerima vaksin harus lebih banyak minum, menggunakan pakaian yang nyaman, kompres, atau bisa mandi menggunakan air hangat, dan minum paracetamol.

AYO BACA : Kebijakan Baru WhatsApp Jadi Sorotan, Percakapan di WA Dinilai Bisa Diintip

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar