>

Doa Pelipur Lara di Mekkah, Kenangan Rizieq Shihab Tentang Habib Ali

  Jumat, 15 Januari 2021   Firda Puri Agustine
Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf [jepretan instagram]

TEBET, AYOJAKARTA.COM - Duka sedang menyelimuti warga muslim di Indonesia karena harus kembali ditinggalkan ulama-ulama kharismatik. Selang sehari Syekh Ali Jaber, Habib Ali bin H Abdurrahman Assegaf juga telah berpulang. Guru dari eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab itu meninggal dunia padaJumat (15/1/2021), hari ini.

Sebelum wafat, Rizieq pernah bercerita sempaet mendapatkan secarik kertas doa dari gurunya, Habib Ali. Cerita itu diungkap Rizieq saat menyampaikan ceramah di acara maulid yang digelar di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020) lalu.

Dalam acara maulid tersebut, Rizieq meminta kepada jemaah yang hadir agar tak menganggap enteng sebuah doa. Menurutnya, tidak ada bisa merubah ketentuan takdir kecuali oleh doa.

Rizieq pun lantas menceritakan bagaimana orang yang ia anggap sebagai guru yakni Al Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf memberikan sepucuk kertas berisi doa. Imam besar itu menyebut amalan doa tersebut ternyata membuat dirinya bangkit dan jadi pelipur lara ketika di Mekah.

"Saat lagi tegang-tegangnya di Jakarta saudara saya dipanggil oleh beliau saya datang ke rumah ini, saya menghadap beliau beliau berikan secarik kertas doa yang harus saya amalkan,  doa yang harus saya baca dan doa terus saya baca sampai saya di kota Mekkah sekalipun saudara doa luar biasa, doa pelipur lara penghibur hati,  doa pembangkit semangat," tutur Rizieq dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Rizieq menggaungkan kembali seruan revolusi akhlak. Menurutnya, revolusi akhlak sudah diajarkan dalam agama Islam dan diserukan nabi Muhammad SAW.

"Yok sama sama kita revolusi akhlak, yang kemarin sholatnya sudah bagus yok mulai hari ini solatnya lebih bagus. Yang kemarin ibadahnya sudah baik yok mulai hari ini ibadahnya lebih makin ditingkatkan. Kemarin masih suka maksiat yok hari ini setop jangan lagi kita berbuat maksiat sodara. Setuju gak?," tuturnya Rizieq yang kemudian disambut ucapan setuju dari umat yang hadir.

Habib Ali Wafat

Kabar wafatnya Habib Ali ini disiarkan oleh tokoh ulama muda yakni Habib Husein Jafar dalam akun twitter pribadinya @Husen_Jafar.

"Lagi bikin video mengambil pelajaran dari alm. Syekh Ali Jaber, dapat kabar Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf wafat," tulis akun @Husen_Jafar seperti dikutip Suara.com, Jumat sore.

Habib Husein mengatakan, ulama demi ulama terus meninggalkan umat Islam di Indonesia. Pasalnya baru saja diketahui Syekh Ali Jaber wafat pada Kamis (14/1).

"Ulama demi ulama terus meninggalkan kita. Sungguh ini musibah yang sejati. Ya Rabb! Jangan biarkan kami kesepian dari para kekasih-Mu di negeri ini," sambung cuitannya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar