>

Ini Syarat Baru Perpanjang STNK di Jakarta

  Sabtu, 16 Januari 2021   Icheiko Ramadhanty
Salah satu kendaraan yang sedang melakukan uji emisi / pusat.jakarta.go.id

TEBET, AYOJAKARTA.COM – Warga DKI Jakarta harus memenuhi persyaratan baru jika ingin mengajukan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Syarat baru tersebut adalah wajib mengikuti uji emisi.

Hal ini selaras dengan program dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yaitu ‘Jakarta Langit Biru’. Program tersebut juga sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Marsigit, mengatakan untuk kendaraan yang lulus uji emisi akan diberikan kertas tanda lulus uji emisi. Sedangkan yang tidak lulus disarankan untuk segera memperbaiki kendaraannya di bengkel.

Dia menambahkan, mulai tahun ini setiap warga yang ingin memperpanjang STNK diwajibkan telah mengikuti uji emisi.

“Mulai tahun ini setiap yang ingin memperpanjang STNK di wilayah DKI Jakarta harus mengikutsertakan tanda lulus uji emisi kendaraannya,” ungkap Marsigit, dilansir dari pusat.jakarta.go.id, Sabtu (16/1/2021).

Menurutnya, bagi kendaraan yang telah lulus uji emisi akan masuk ke database e-uji emisi milik Dinas Lingkungan Hidup.

“Selain perpanjang STNK, lulus uji emisi kendaraan bermotor juga berpengaruh untuk bayar parkir. Jadi besar atau kecilnya biaya parkir anda, itu dari hasil uji emisi,” ujarnya. 

Sebelumnya, Suku Dinas Lingkungan Hidup  Jakarta Pusat menggelar uji emisi gratis di halaman kantornya, Komplek Perkantoran Rawa Kerbau, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021).

Uji emisi ini diikuti oleh kendaraan pribadi maupun milik instansi pemerintahan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan warga berpartisipasi dan berkontribusi dalam melindungi kualitas udara dengan ikut uji emisi. Dengan menguji emisi akan diketahui kadar zat yang berbahaya atau tidak bagus untuk lingkungan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar