>

Bulan Dana PMI Jakarta Selatan Melebihi Target, Capai Rp7, 74 Miliar

  Rabu, 20 Januari 2021   Aini Tartinia
PMI

KEBAYORAN BARU, AYOJAKARTA.COM - Walau masih dalam suasana pandemi Covid-19, penggalangan dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kotamadya Jakarta Selatan berjalan mulus.Tercatat, target penggalangan dana yang semula ditetapkan sebesar Rp6,72 miliar justru naik menjadi Rp7,74 miliar pada 2020.

Pencapaian tersebut disambut gembira Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi.

Dirinya pun mengapresiasi kerja keras yang dilakukan seluruh pihak dalam penggalangan dana PMI, mulai dari Pengurus RT dan RW, lurah, camat dan jajaran Pemerintah Kotamadya Jakarta Selatan.

"Kami atas nama pengurus berterima kasih, bahwa pencapaian ini di samping pola kerja yang baik juga karena masyarakat masih percaya kepada PMI. Bahwa masyarakat percaya PMI berada di garis terdepan ketika ada bencana," ucapnya dilansir beritajakarta.id, Selasa (19/1/2021).

Dirinya juga mengingatkan agar dana yang terkumpul dalam Bulan Dana PMI dapat dikelola dengan baik. Mengingat, dana yang terkumpul merupakan uang rakyat, sehingga dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan kemanusiaan, seperti donor darah.

Kegiatan tersebut diharapkannya dapat digelar setiap hari, karena kebutuhan darah di wilayah Ibu Kota mencapai sebanyak 1.000 hingga 1.200 kantong per hari.

"Uang yang kita kumpulkan adalah uang rakyat dan harus dikembalikan kepada masyarakat. Jangan sampai terjadi bahwa mau donor saja susah," tegas Rustam.

"Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang membutuhkan darah. Jangan sampai masyarakat kecewa dengan pelayanan yang tidak baik, standby 24 jam, kebutuhan darurat harus dilayani dengan baik," imbuhnya.

Begitu juga apabila petugas PMI mengalami kendala, seperti kekurangan stok darah.

Petugas ditegaskannya harus menerangkan situasi secara baik, sehingga tidak ada kekeliruan kepada masyarakat.

Lewat pelayanan yang baik, kepercayaan masyarakat terhadap PMI diyakini Rustam juga akan meningkat, sehingga penggalangan dalam Bulan Dana PMI pada tahun berikutnya akan berjalan mulus.

Hal senada turut disampaikan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras mengumpulkan dana sosial dari masyarakat

Tercapainya target penggalanan dana PMI itu diakui Isnawa Adji di luar ekspektasinya. Sebab, target pencapaian yang ditetapkan sebesar Rp6,72 miliar pada tahun 2020 dinilainya sangat besar.

Selain itu, penggalangan dana PMI juga terkendala sejumlah hal terkait penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) serta memburuknya ekonomi imbas pandemi Covid-19. 

"Target sebelumnya emang nekat, saya sebut Rp6,72 miliar, tapi atas bantuan temen-temen akhirnya tercapai juga, malah lebih, sampai Rp7,49 miliar," ungkap Isnawa. 

"Jadi, target tahun depan diharapkan juga bisa tercapai," tambahnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar