>

Tiba di Solo, 54 Orang Pengungsi Mamuju Jalani Swab Antigen

  Kamis, 21 Januari 2021   Budi Cahyono
Para pengungsi korban gempa Mamuju, Sulawesi Barat, saat tiba di Lanud Adi Soemarmo menggunakan pesawat Hercules C-130 A-1330, sekitar pukul 10.30 WIB. (dok Pentak Lanud Adi Soemarmo)

SOLO, AYOJAKARTA.COM – Pengungsi gempa Mamuju, Sulawesi Barat tiba di Kota Solo, Kamis (21/1/2021). Para pengungsi berjumlah 54 orang tersebut menaiki Pesawat TNI AU Hercules C-1330 yang diterbangkan dari Lanud Hasanudin Makassar dan tiba di Solo sekitar pukul 10.30 WIB.

Pesawat Hercules tersebut membawa 102 pengungsi, terdiri dari 54 pengungsi asal Jawa Tengah yang mendarat di Lanud Adi Soemarmo dan 48 pengungsi asal Jawa Timur yang diterbangkan ke Lanud Abdulrahmansaleh Malang.

AYO BACA : Gempa Mamuju: Data BPBD Sebut 3 Meninggal Dunia, Ribuan Orang Mengungsi

Pada kesempatan tersebut Lanud Adi Soemarmo bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi jawa Tengah dan Pemkot Surakarta untuk menerima kedatangan para pengungsi.

Setibanya di Lanud Adi Soemarmo para pengungsi yang turun di Solo menjalani serangkaian protokol kesehatan. Petugas medis yang sudah ada di lokasi melaksanakan tes swab antigen untuk memastikan kondisi kesehatan para pengungsi.

AYO BACA : Gempa Magnitudo 6,2 Goncang Mamuju

Setelah menjalani swab antigen, para pengungsi dibawa ke tempat isolasi di Solo Techno Park (STP) milik Pemkot Surakarta.

Turut menjemput kedatangan para pengungsi yang turun di Lanud Adi Soemarmo di antaranya Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, Sekda Pemkot Surakarta Ahyani dan kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Harso Susilo.

“TNI AU akan membantu semaksimal mungkin para korban bencana gempa bumi yang terjadi di Mamuju. Jika ada yang ingin kembali ke daerah asalnya, misalnya di Solo seperti saat ini, bisa menggunakan pesawat Hercules,” kata Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana.

AYO BACA : Soal Gempa Megathrust dan Tsunami 20 Meter, Begini Penjelasan BMKG

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar