>

Kapal TB Mitra Jaya XIX Dilaporkan Hilang Kontak di Perairan Gresik

  Sabtu, 23 Januari 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi/ Kapal Hilang Kontak

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Kapal Tug Boat (TB) Mitra Jaya XIX dilaporkan hilang kontak usai bertabrakan dengan Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar di perairan Gresik.

KM Tanto Bersinar bertabrakan dengan Kapal TB Mitra Jaya XIX yang membawa TK Makmur Abadi 5 di area Bouy 3 (area pengeboran lepas pantai RIK WMO) Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Perairan Gresik, Sabtu (23/1/2021) sekitar pukul 03.30 Wib.

"Benar, Ditpolair otw TKP dengan kapal Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko.

Dari info yang beredar, jumlah crew kapal TB Mitra Jaya XIX (hilang kontak) sebanyak 8 orang. Update pasca tabrakan diketahui 3 orang crew kapal selamat ditolong oleh nelayan dan selanjutnya diamankan di pulau Karangjamuang.

Kapal TB.Mitra Jaya XIX yang menggandeng BG/ TK. Makmur Abadi 5 dengan nakhoda Syahrul (45), bersama 8 crew tugbod dan 2 crew tongkang dari Pelabuhan Sungai Puting Kalimantan Selatan dengan muatan CPO berangkat dengan tujuan pelabuhan Gresik.

Saat perjalanan berlayarnya pada hari Sabtu (23/1) sekitar pukul 03.14 Wib melintasi perairan area Bouy 3 (RIK pengeboran lepas pantai WMO) tiba-tiba ditabrak dari arah depan oleh kapal KM Tanto Bersinar yang berangkat dari Surabaya menuju tujuan pelayarannya.

Tabrakan itu mengakibatkan kapal TB Mitra Jaya XIX hilang kontak dan Tongkang Makmur Jaya 5 mengalami robek pada lambung kiri sehingga menimbulkan kebocoran.

Selanjutnya tongkang yang mengalami kemiringan dan bocor tersebut dievakuasi oleh kapal lain milik perusahaan tersebut untuk dicarikan tempat yang aman. Penyebab tabrakan kapal masih dalam proses penyelidikan .

Nama-nama crew kapal TB. Mitra Jaya XIX:
1. Sharul (45) nakhoda
2. Fatkhur (48)
3. Himawan CH. (27)
4. Arif Maulana ( 47)
5. Larusman (26)
6. La Ode Ahmad S (20)
7. Ulil Amri (57)
8. Budiantoro (50)

2 orang crew TK Makmur abadi 5 yang bernama Agung Dwi Prayitno (20) dan Basuni (53) saat ini masih di atas tongkang yang bocor dalam keadaan selamat. Untuk sementara KM Tanto Bersinar diamankan oleh Patroli AL KRI yang melintas di sekitar TKP. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar