>

Frank Lampard Resmi Dipecat dari Chelsea

  Senin, 25 Januari 2021   Firda Puri Agustine
Mantan manajer Chelsea, Frank Lampard. [DYLAN MARTINEZ / POOL / AFP]

LONDON, AYOJAKARTA.COM - Frank Lampard resmi dipecat dari posisinya sebagai manajer Chelsea menyusul rentetan hasil buruk di Liga Inggris 2020/2021 belakangan ini.

Pemecatan ini hanya berselang kurang dari sehari setelah Lampard memimpin Chelsea mengalahkan tim Divisi Championship, Luton Town 3-1 di laga putaran keempat Piala FA 2020/2021, Minggu (24/1/2021) malam WIB.

Kemenangan tersebut tak cukup untuk menolong posisi pelatih berusia 42 tahun yang juga legenda Chelsea itu, yang memang sudah terjepit. 

"Chelsea FC hari ini resmi berpisah dengan pelatih kepala Frank Lampard. Ini adalah sebuah keputusan sangat sulit yang dibuat oleh pemilik dan direksi klub," demikian pernyataan resmi Chelsea di laman klub.

"Kami berterima kasih kepada Lampard atas pencapaiannya sebagai pelatih di klub ini. Namun, serangkaian hasil dan performa belakangan ini tidak memenuhi ekspektasi klub, membuat klub kini duduk di papan tengah tanpa adanya jalur yang jelas untuk peningkatan yang berkelanjutan."

Lampard mampu membawa Chelsea finis keempat di Liga Inggris musim lalu, yang merupakan musim perdananya menukangi The Blues setelah sebelumnya melatih Derby County.

Torehan tersebut tergolong impresif karena itu adalah musim debutnya melatih Chelsea dan juga di tengah embargo transfer.

Lampard pun mendapat reward dengan gelontoran dana yang melimpah untuk belanja pemain pada bursa transfer musim panas 2020 lalu, yang mencapai 200 juta pounds.

Sayang seribu sayang, beberapa rekrutan mahal seperti Timo Werner dan Kai Havertz justru flop di Chelsea, sebagaimana performa The Blues juga jauh dari harapan di kampanye 2020/2021 ini.

Dalam laga terakhir di Liga Inggris, Chelsea takluk 0-2 dari Leicester City dan membuat mereka kini terdampar di peringkat kesembilan klasemen sementara saat memasuki paruh musim. Itu adalah kekalahan kelima Chelsea dalam delapan partai terakhir di liga.

Selain itu, Lampard juga tercatat sebagai manajer dengan rataan poin terendah di Liga Inggris di era kepempinan Roman Abramovich di Chelsea; 1,67 poin per laga).

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar