>

7 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Imun Tubuh Saat Musim Hujan

  Selasa, 26 Januari 2021   Husnul Khatimah
jeruk, salah satu makanan penambah imun tubuh (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Ketika musim hujan tiba artinya musim pilek dan flu dimulai. Karena kita wajib memakai masker, menjaga jarak dan bekerja dari rumah, kemungkinan tertular penyakit menular pernapasan seperti flu mungkin minim.

Tetapi hal itu bukanlah kunci utama untuk kesehatan yang sempurna. Seringkali, status gizi yang buruk dikaitkan dengan peradangan dan stres oksidatif, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

Untuk itu coba tujuh makanan berikut, untuk mendukung sistem kekebalan tubuh selama musim flu.

Kacang-kacangan
Ahli diet terdaftar dan Owner Sound Bites Nutrition di Cincinnati, Ohio, Lisa Andrews mengatakan bahwa kacang polong atau lentil bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kacang-kacangan mengandung serat prebiotik yang membantu mendukung probiotik hidup, khususnya lactobacillus, untuk mencegah infeksi dan mengurangi peradangan

Makanan Fermentasi
Makanan fermentasi seperti kimchi, sauerkraut, dan kefir mengandung probiotik hidup. Probiotik adalah bakteri hidup yang menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh. Ahli diet terdaftar yang berbasis di California dan pendiri Tasty Balance Nutrition Lindsey Pine merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang difermentasi karena sekitar 70 persen dari sistem kekebalan manusia berada di usus.

AYO BACA : Agar Produktif Sepanjang Hari Lakukan 7 Hal Ini di Pagi Hari

“Dengan menjaga kesehatan usus dan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, Anda membantu melindungi sistem kekebalan," kata dia seperti dikutip dari laman Very Well Health, Ahad (11/9)

Kunyit
Ahli diet terdaftar yang berbasis di New York City, Alena Kharlamenko menjelaskan bahwa kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan melindungi tubuh Anda dari senyawa berbahaya.

Tiram
Kharlamenko juga mengatakan bahwa menambah tiram ke dalam makanan mereka bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Tiram dan kerang lain seperti udang dan lobster juga dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan imun tubuh.

Ikan salmon
Salmon mengandung vitamin D dan asam lemak omega-3, yang penting untuk produksi antibodi yang optimal. Ikan salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan lemak omega-3. Setiap 100 gram daging ikan salmon, memiliki lemak omega-3 rantai panjang sebanyak 2,3 gram.

Jeruk
Jus jeruk penuh dengan nutrisi pendukung kekebalan, termasuk vitamin C. Memilih jus jeruk yang diperkaya dengan vitamin D memberikan beberapa dukungan kekebalan ekstra, karena asupan nutrisi ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko infeksi saluran pernapasan, termasuk flu.

Bawang putih
Menambahkan bawang putih ke dalam masakan, itu dapat membantu menangkal penyakit selama musim dingin dan flu dengan cara alami. Saat bawang putih dihancurkan atau dicincang, senyawa yang disebut allicin diproduksi. Senyawa ini telah terbukti mengurangi peradangan dan menawarkan manfaat kesehatan kekebalan.

AYO BACA : Tips Agar Kamu Terhindar dari Penyakit saat Musim Hujan, Simak Yuk!

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar