>

Gadget Disetel Mode Gelap, Benarkah Lebih Sehat untuk Mata?

  Selasa, 26 Januari 2021   Husnul Khatimah
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Banyak orang menggunakan mode gelap atau dark mode pada gadget mereka karena kawatir dengan kerusakan mata.

Ternyata, itu bukanlah cara terbaik, bahkan itu tidak membantu sama sekali. Jadi apa sebenarnya fungsi mode gelap pada gadget?

Mode gelap memungkinkan pengguna untuk mengubah latar belakang yang biasanya putih atau berwarna terang pada gadget menjadi lebih gelap atau biasanya hitam. Latar belakang akan menjadi gelap dan teks akan menjadi terang, berlawanan dari biasanya.

AYO BACA : Agar Produktif Sepanjang Hari Lakukan 7 Hal Ini di Pagi Hari

Untuk mengalihkan tampilan gawai ke mode gelap (dark mode), pengguna tinggal masuk ke pengaturan (setting) lalu pilih ke pengaturan tampilan dan kecerahan (display and brightness) . Beberapa aplikasi juga memiliki mode gelapnya sendiri yang dapat ditemukan di pengaturan aplikasinya.

Pengguna mungkin merasa mode gelap sedikit lebih nyaman untuk mata. Akan tetapi, setelan ini tidak dapat mencegah gejala ketegangan mata, seperti sakit kepala dan mata kering.

"Mode gelap akan mengurangi tingkat cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat gadget, tetapi mungkin tidak bisa sampai memengaruhi efek cahaya biru yang bisa merusak mata itu," kata direktur katarak dan operasi implan lensa intraokular di Yale Medicine Ophthalmology, Brian M DeBroff, MD, dikutip dari Insider.

Makula terletak di tengah retina dan sangat penting untuk penglihatan yang sehat. Degenerasi makula terkait usia adalah salah satu penyebab paling umum dari kehilangan penglihatan.

AYO BACA : Tips Agar Kamu Terhindar dari Penyakit saat Musim Hujan, Simak Yuk!

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar