>

Uji Emisi Gratis, Ratusan Kendaraan Antre Sejak Hari Ini

  Selasa, 26 Januari 2021   Aini Tartinia
ilustrasi: Petugas melakukan uji emisi kendaraan bermotor di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Kramat Jati, Jakarta, Selasa (3/11/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

CAKUNG, AYOJAKARTA.COM - Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur menggelar uji emisi kendaraan roda empat gratis di halaman kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (26/1/2021). Sebanyak 220 kendaraan warga langsung antre untuk mendapatkan pelayanan yang dibuka hingga lusa. 

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Timu Alawi mengatakan, uji emisi gratis yang digelar Sudin Lingkungan Hidup demi menciptakan langit biru tanpa polusi. Pasalnya, tingkat polusi dari gas buang kendaraan sudah sangat tinggi.

"Saya berharap semua pihak mendukung karena ini sangat bermanfaat untuk menciptakan langit biru," katanya dilansir beritajakarta.id, Selasa (26/1/2021).

Dikatakan Alawi, pada uji emisi di hari pertama ini, terlihat antuasias warga yang sangat tinggi. Meski begitu, ia meminta semuanya untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan para peserta wajib menggunakan masker dengan baik serta menjaga jarak.

"Tetap jaga protokol kesehatan untuk kita semua demi mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Herwansyah menambahkan, uji emisi yang digelar pihaknya merupakan yang kedua. Karena sebelumnya pada 19-21 Januari juga dilakukan di kantornya.

"Dalam kesempatan tersebut, diikuti 555 kendaraan yang melakukan uji emisi," tuturnya

Dan dihari pertama uji emisi, kata Herwansyah, antusias warga cukup tinggi karena ada 220 kendaraan yang ikut mengantri. Dimana sebanyak 192 kendaraan dinyatakan lulus uji emisi dan 28 kendaraan tidak lulus uji emisi hari ini.

"Yang belum lulus uji emisi kami minta untuk memperbaiki kendaraannya terlebih dahulu," tuturnya.

Herwansyah menjelaskan, untuk dapay ikut uji emisi, masyarakat cukup menunjukan STNK kendaraan yang ingin diuji. Lalu dari STNK tersebut akan tercatat apakah kendaraan tersebut lulus uji emisi atau tidaknya.

"Kami berharap masyarakat semakin sadar dengan lingkungan dan ikut menciptakan langit biru," tambahnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar