>

Sepanjang 2020 Pemprov DKI Keruk 23 Waduk di Jakarta

  Rabu, 27 Januari 2021   Aini Tartinia
Ilustrasi pengerukan waduk Ria Rio dengan menggukan alat berat (dok. timur.jakarta.go.id)

GAMBIR, AYOJAKARTA.COM - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) telah mengeruk 23 waduk sepanjang 2020. Pengerukan waduk bertujuan untuk menambah kapasitas daya tampung air sebagai upaya pencegahan genangan dan banjir di Jakarta.

Hal itu dituliskan Dinas Sumber Daya Air melalui akun Instagram @dinas_sda pada Selasa (26/1/2020). "Waduk berfungsi penting sebagai penampung air dan pengendali banjir terutama memasuki musim hujan," seperti yang dikutip dalam Instagram tersebut.

AYO BACA : Mau Urus Dokumen Kependudukan Warga DKI Selama PSBB? Begini Caranya!

Dinas Sumber Daya Air terus berupaya agar fungsi waduk dioptimalkan. Pengerukan sedimentasi atau endapan lumpur di waduk dan sungai di ibu kota diharapkan bisa menambah kapasitas daya tampung air sebagai upaya pencegahan genangan dan banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Saat ini terdapat 108 lokasi waduk di DKI Jakarta:
- Jakarta Pusat sedikitnya ada 3 waduk
- Jakarta Barat ada 14 waduk
-  Jakarta Utara ada 19 waduk
- Jakarta Timur 48 waduk
- Jakarta Selatan ada 24 waduk

Berdasarkan infografis yang juga diunggah dalam tulisan instagram itu, sepanjang tahun 2020 ada 23 waduk yang dikeruk. Di antaranya yaitu, Jakarta Barat sebanyak 5 waduk, Jakarta Utara ada 5 waduk, Jakarta Timur ada 6 waduk, Jakarta Selatan ada 7 waduk. "Volume pengerukan mencapai 262.359 m3," tulis keterangan infografik tersebut.

AYO BACA : Lengkap! Ini Cara Daftar, Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 dari Pemerintah

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar